Rabu, 29 Desember 2010

Masa SMA Masa Paling hemmmm "Pernah Ngerasain Enggak..?"


“Masa SMA adalah masa yang paling indah…” Begitu kata kebanyakan orang kalau ditanya tentang masa SMA. Masa SMA itu menurut saya adalah masa dimana kita yang cowok lagi nakal-nakalnya, yang cewek lagi centil-centilnya. Ngerasain gak???

Kalau di inget-inget masa SMA, kita bisa-bisa ketawa-ketawa sendiri karena kecentilan-kecentilan atau kenakalan-kenakalan di masa SMA. Jadi inget dulu, waktu SMA tepatnya waktu saya masih kelas 1 SMA, ada pasantren kilat, hehehe gara-gara males akhirnya saya dan kelima teman saya bolos dari ceramah di Mesjid. Kita diem di salah satu ruangan tempat biasa ngumpul. Tapi ternyata eh ternyata kita ketauan bolos deh sama guru. Sampai akhirnya kita disuruh baris, jalan ngelilingin sekolah, mana ngelewatin anak-anak yang lagi di mesjid lagi, ah malu banget deh kita! Terus udahnya kita disuruh berdiri berjejer di lapang basket sekolah. Emang cerita standar sih, tapi karena kestandarannya itu, jadi senyam senyum sendiri kalo inget.

Masa SMA juga masanya ngerjain PR di sekolah. Hehehe lucu aja, setiap ada PR pasti jam setengah tujuh pagi itu anak-anak udah pada di kelas. Buat apa?? Buat nyontek PR dong.. Udah itu, karena saya milih jurusan IPS, yang katanya jarang ada guru, belajarnya santai, ternyata bener aja.. Pertama kali saya duduk di kelas XI IPS 1, langsung nggak ada guru. Akhirnya karena pengen pamer sama anak-anak IPA, hampir anak sekelas IPS sengaja jalan ke kantin tapi ngelewatin kelas IPA yang banyak banget itu. Kebetulan di sekolah saya dulu, ada 9 kelas IPA dan the only one, Social Class! Kita jalan teriak-teriak depan kelas IPA, sambil nyepet “Aduuuh masih musim ya belajar…” Yah itulah keisengan-keisengan anak SMA. Jadi kangen…


Udah gitu, SENIORITAS! Biasanya di SMA masih lekat banget sama yang namanya senioritas. Buktinya di SMA saya, dari masalah parkir mobil, dulu waktu pertama kali masuk SMA saya dikasih tau sama kakak kelas saya tentang parkiran. Yang aturannya adalah parkir paling pojok buat anak-anak kelas 3, parkir yang tengah buat anak-anak kelas 2, dan parkir yang paling deket sama gerbang buat anak-anak kelas 1. Hehehe biar kalo mau dicolong biar mobilnya anak-anak kelas 1 kali ya.. Terus masalah kantin, kebetulan di kantin saya ada 20 kantin. Dulu ada aturan, kalau anak kelas 1 cuma boleh dari kantin 1-5 doang, anak kelas 2 boleh dari kantin 1-12, anak kelas 3 boleh semua kantin! Tempat duduk di kantin juga diatur, anak kelas 1 didepan aja, kelas 2 boleh sampe tengah, kelas 3 menguasai.

Terus tempat nongkrong antara kelas 1,2, dan 3 juga beda-beda. Buat anak kelas 1, disediain “Joker”, Pojok Angker. Emang tempatnya di pojokan daerah kelas 1, itu bekas WC dulunya, tapi udah nggak kepake. Jadi buat anak kelas 1 yang mau ngerokok, bisa disana. Kelas 2 punya tempat namanya “Istal”, itu juga sebenernya WC nggak kepake juga, tapi bentuknya kaya istal, jadi disebut “Istal”, anak kelas 1 nggak boleh ada yang ngelewat kesana. Terus buat kelas 3, “Karet”, pohon karet yang gede banget, kalo nggak salah terkenal sebagai salah satu pohon terbesar di Bandung. Nah di depan pohon itu ada lapang voli, jadi tempatnya luas. Anak kelas 1 nggak boleh diem-diem sekitar pohon karet, lapang voli, dan mesjid. Kalau cuma sekedar ngelewat aja sih boleh, tapi haram hukumnya buat ngumpul-ngumpul di daerah itu. Hahahaha ada-ada aja emang anak SMA.. Saya nggak tau peraturan itu masih ada apa nggak hehe.


Nah yang lucunya lagi, waktu saya duduk di kelas 2, ada beberapa orang anak cewek kelas 2 yang punya ide buat bikin arisan khusus buat anak-anak kelas 2 doang. Akhirnya terbentuklah si Arisan.. (Saya sih nggak ikutan, selain males, saya juga takut rugi hehe). Anggota anak-anak arisan hampir semua anak cewek kelas 2. Nah mereka punya seragam sendiri, yaitu rompi arisan yang warnanya abu-item. Rompi itu jadi pakaian wajib buat anak-anak arisan di hari Rabu. Suatu ketika.. karena mungkin anak-anak kelas 3 kesel sama tingkah laku anak-anak Arisan yang sok heboh di hari Rabu, tiba-tiba waktu saya lagi dispensasi, lagi latian vocal group di ruang seni, eh di luar ada rame-rame.

Ternyata ada gencetan masal dari anak-anak kelas 3 sama anak-anak kelas 2 hahaha. Gencetan dari cewek-cewek kelas 3, buat cewek-cewek Arisan di lapang karet. Rameeeeeeeeeeee banget! Semua anak arisan dikumpulin disana, dan si ‘preman’nya Arisan dipanggil. Hahahah waktu itu sih saya cuma liat-liat aja sambil ketawa-ketawa, padahal itu temen seangkatan sendiri. Temen saya yang bukan anak Arisan juga malah asik motret muka-muka cemas anak-anak Arisan hahaha. Sampai-sampai gencetan masal itu ketauan sama guru, dan akhirnya penggencetan selesai karena guru-guru pada dateng. Dasar SMA..



Waktu SMA ada juga tradisi yang namanya “Mabal Angkatan”. Jadi di satu hari, adalah hari mabal buat semua anak-anak di sekolah. Tapi mabalnya bukan berarti liburan dirumah, tapi konvoi! Konvoi keliling kota Bandung, bikin macet Bandung. Dan tempat tujuan terakhir yaitu di salah satu SMA yang memang bisa dibilang musuh berat SMA saya. Kita malah sengaja jalan pelan-pelan depan sekolah itu, terus kita parkir di sekolah itu, terus kita jajan deh di wilayah kekuasaan SMA itu. Yang cowok-cowok malah maen bola bareng di lapang bola SMA itu..

Kalo dipikir-pikir masa SMA itu masa yang paling nyenengin. Sekarang saya udah mahasiswa, dan saya udah semester 6 (tapi belum lulus-lulus). Kadang kangen, tapi sadar umur juga.. hehe Menurut saya, masa SMA itu masa dimana kita lagi sering-seringnya ngelakuin hal tolol. Sekarang di universitas, saya nggak nemuin ada yang namanya gencet-gencetan, mabal angkatan, aturan di kantin dan sebagainya. Emang beda banget, masa kuliah dimana masanya kita ngeliat buat ke depannya. Tanpa disadari, ternyata saya sudah tua.. hehe

Curhatan Dari Anak SMA yang sekarang udah Tua..sibuk cari duit,bini,sama masa depan yang enggk jelas..yang penting HAPPY..


3 komentar:

  1. sman 2 bandung y???
    angkatan '08 y??

    BalasHapus
  2. saya yakin masa SMA adalah masa yang paling indah seumur hidup tp saya gk mendapatkannya.... :((((

    BalasHapus
  3. masa sma bner2 nyenengin bgt .. 16 mei 12 aku bkl kelulusan , gada yg bisa gantiin masa2 sma ini .. i love love love sma :)) smk5 denpasar :*

    BalasHapus