Minggu, 23 Agustus 2015

siklus senioritas itu anjing dalam dunia underground ! DI SEKELILING KU

siklus senioritas itu anjing dalam dunia underground ! DI SEKELILINGKU

Di tulis oleh SCUMBAG IMKL

background x pendahuluan

salam semuanya, tulisan ini hanya sekedar tulisan iseng dalam mengisi waktu luang.
sesuatu siklus yang terjadi sekelilingku, di dunia underground(punk,metal, hardcore, dll).
dan ini hanyalah sebagian dari sisi lain di dunia ku, tidak berarti semua yang terjadi dunia underground berpengaruh di hidupku, aku hanya belajar mana yang baik yang perlu dan tinggalkan yang buruk serta tidak bermanfaat. seperti sebuah kalimat sederhana singkat tapi jelas dan tidak bisa di ganggu gugat.
UNTUK KU AGAMA KU, UNTUK MU AGAMA MU.

berawal dari sebuah gambar dari konterkulture.com . aku ingin menceritakan apa juga yang terjadi di sekelilingku.
mungkin juga ceritaku dan cerita kalian yang membaca ada kesamaan, anggap aja tidak ada kesengajaan. karena ini hanyalah fiktif belaka.





seperti anak emak(anak rumahan yang jarang di bolehin main keluar) pada umumnya. aku tumbuh dari anak kecil yang formal, di dunia permusikan aku juga seperti anak anak tahun 90an. mendengarkan musik mtv kayak peterpan, dewa, padi dll.
tapi saat beranjak dewasa dan mulai mencari jati diri aku mulai dengerin lagu punk, awalnya hanya karena ada teman yang dari kecil emang sudah nge punk. sebut saja namanya eksan, seorang drumer dari band ujung kampung di kota gresik. eksan dan temen2 se kampungnya membuat sebuah band punk bernama AMNESIA, beranggotakan dia(eksan/drummer, lutfi bassis, agus gitar, dan rudy vokal. eh ini cuman sekedar promosi aja :D

waktu beranjak remaja seperti biasa di malam2 panjang aku dan temen biasa nongkrong di sudut kampung. waktu itu eksan dengan gitarnya nyanyi sebuah lagu yang bagiku aneh, setelah lagu itu habis. pertanyyan pun muncul, san lagu apakah itu, lagu cinta pembodohan dari band punk marjinal, jawabnya.
dan mungkin hanya hal sepele itu aku mulai tertarik dengan punk, juga karena cerita2 eksan yang bisa jelasin tentang punk itu. dan cerita lain karena ada teman yang pernah beli kaos marjinal, dengan sablonan lirik lagu NEGRI NGERI di bagian belakang. mulai dari situlah acara download mendownload di mulai tentang marjinal, punk dan lain lain nya. begitu juga teman se download an ada tau sebuah band dari bali yang nyaranin untuk di dengerin, superman is dead dan album pertamanya penuh di hp temen ku itu.
ketika aku ndengerin sid, aku hanya bisa nebak klo sid adalah sekelas band mtv yang nge rock seperti band barat yang sudah aku lebih dulu tau kayak guns n roses, bon jovi, nirvana, ramones dll. ternyata jika bertambah mengerti band band itu bukan semuanya rock, ada yang punk, ada yang grunge, ada yang pop punk. tapi selain semua genre itu aku ada 1 genre selain rock yg aku tahu, genre metal kayak black sabbath, leed zeppelin,metallica dll. genre rock lebih cepet aku tahu meskipun tanpa penelusuran hanya karena aku punya seorang cacak yang aku tahu sekarang bisa di panggil metalhead (pendengar lagu metal:)

tercebur dalam komunitas

cara cara berfikir yang tak lazim ini lahir saat aku gabung dengan sebuah komunitas underground para perantau indonesia di malaysia. IMKL (INDONESIAN METALHEAD KUALA LUMPUR) dan berkenalan dengan teman teman OUTSIDER LADYROSE KUALA LUMPUR & INDONESIAN PUNK STORY. dari seorang individu pemalas yang cuman ingin gampang nya di komunitas, bayar kas, hadir klo ada ngumpul2, solidaritas dll tapi akhirnya jadi PEMIKIR SERIUS tentang jalan jati diri di dunia underground.
semua pasti bermula tidak akan ada asap jika tidak ada api.





pemikiran2 ganjil tentang ideologi dan tetek bengeknya di dunia undergroud.karena melihat sekelilingku, hal hal ganjil yang terjadi. seperti mana.

temen punk, yang selalu koar2 anti kapitalis anti kemapanan, tapi mengkonsumsi barang/atribut yang menurutku kapitalis.membeli jaket, sepatu, emblem dll yang harganya mahal banget. sepatu seharga sejuta, jaket seharga setengah juta, emblem kecil yang harganya puluhan ribu. makan di toko2 besar kayak mekdi,keefci dll saat masih berkaos punk ?

temen2 punk metal hc dll, yang selalu sok senior, paling underground paling punk paling metal. HANYA KARENA HAL SEPELE, menghina temen lama atau baru yang memakai kaos/atribut yang dia fikir salah atau yang tidak di sukai. menghina temen yang pake kaos metalcore, menghina temen yang pake kaos gak berlisensi, bajakan, gak original bla bla bla. padahal percaya tidak percaya, sebagian besar pasti di mulai dari hal yang kecil. contohnya sebelum anda anda pake kaos band besar, kaos distro, lisensi, original langsung dari band. pasti anak underground di mulai dari pake kaos pokoknya hitam, bergambar tengkorak, darah atau band2 rock dulu kayak gun roses, metallica dll.
jadi kenapa harus perlu menghina ? toh jika itu kamu lakukan sama aja kamu menghina dirimu di awal mulanya dulu.

yang memperjual belikan atribut, kaos, emblem, asesoris underground yang MELACUR atas nama anti bajakan, originalitas, lisensi, dari band langsung bla bla bla tetek bengek lainnya TAPI UJUNG UJUNG NYA HANYA MENCARI KEUNTUNGAN UNTUK INDIVIDU SENDIRI !! sekelilingku orang orang berotak mafia bisnis macam ini, selalunya akan lebih sering menghina yang tidak sehaluan dengannya, toh ujung2 nya agar pemikiran dan konsumsinya seragam dengannya. BIAR APA YANG DIA JUAL LARIS MANIS !! DENGAN BERHADIST ATAS NAMA LISENSI, ORIGINAL, LIMITED EDITION bla bla bla MEREKA MENJUAL DENGAN HARGA YANG MELAMBUNG TINGGI !
apa perlu contoh ? gak usah deh kayaknya. jika sebuah kaos band underground besar indonesia bisa di jual dimalaysia seharga 100 RINGGIT LEBIH?? fak kapitalis bertopeng

dari beberapa hal itu, aku belajar dar beberapa temen yang lebih paham. bahwa jadilah seorang sebisa pemikiranmu tanpa terkotak kotak jadi punk banget metal banget atau banget2 lainnya. jadilah dirimu apa adanya, semampumu yang kamu bisa.
jadi kini aku memulai semuanya dari awal, membeli kaset2 lokal adalah support nyata menghargai karya sekelilingmu. memulai membeli karya/kaos/emblem dan apapun itu dengan apa yang kamu mau, bukan karena bla bla bla orang lain.

solusi nyata yang bisa pasti kulakukan adalah membeli kaos band lokal yang ku sukai sebagai tanda support dan menghargai temen2ku. band band seperti kopral kobong, emptys, amnesia, antibiotix, diabolical, slah paham, naked 87, kawat berduri, dll adalah beberapa reverensi yang perlu aku informasikan yang berasal dari sekelilingku.
atau pergi ke alun alun gresik, di lapaknya mas lukman gresndong yang jual2 kaos underground tanpa bla bla bla. dengan modal pas pas an mungkin kalian bisa beli kaos apa yang kalian suka, meski gak komplit banget, tapi aku yakin kalian bisa beli kaos seperti burgerkill, devadata, deadsquad, innalillahi. band tanah air kayak slank, kotak, iwan fals dll. bahkan kaos tokoh2 besar kayak bung karno, dll ada juga disana.
jika kamu beruntung, bisa aja kamu nemuin kaos  yang jarang orang pake tapi kamu tau band itu. kayak kaos burgerkill edisi vokalis ivan scumbag dan kaos band horror punk dari jepank "BALZAC" hehe itu ceritaku

maka tak perlu lah siklus kayak di gambar selalu terulang lagi jika kamu bisa jadi underground yang baik. awal mula jadi anak baru > belajar, membaca buku, internite, zine , ini itu> gabung komunitas, memperluas pertemanan, tambah pinter > di kenal luas, bikin acara, bikin band , ngerasa senior > ngehina anak yang baru mulai .. bla bla bla bla toh di underground gak ada senioritas cok



yah cukup segitulah tulisan panjang ini, berhubung aku seorang pemalas yang iseng nulis tapi kayak buat zine aja kan. marilah kita belajar bersama, tanpa perlu sok ini sok itu. karena hakikatnya semua pasti berajal dari apa yang sudah ada sebelum sebelumnya. jadi gak perlu sok paling punk lah, paling senior lah, apling metal lah. ah semua itu bullshit. jalani apa adanya sepertimana sisi lain dari indahnya kehidupan ini. akhir kata, sebuah kalimat legendaris dari CHICKENRIOT MERCH




SENIORITAS ITU ANJING ! BERI CONTOH, BUKAN CACIAN !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar