Rabu, 02 September 2015

PENGHORMATAN TERAKHIR UNTUKMU TEMAN #ULTRASAHABAT12 #OCULSCUMBAG

PENGHORMATAN TERAKHIR UNTUKMU TEMAN #ULTRASAHABAT12 #OCULSCUMBAG

banyak hal telah kita lewati bersama, aku hanya ingin menuliskan tentang kita, aku dan kalian. terlepas dari teman suporter ataupun teman komunitas underground. kalian adalah teman temanku.
seperti bagaimana  cerita kartun2 yang pernah kutonton, teman teman hebat punya cerita hebat saat kita bertemu pertama kali dan gampang untuk di ingat.

eson, yudi, endri, ozi, andi, dede, dannu.
dari sekian banyak teman, kalian adalah teman seperjalanan hingga tahun terakhirku sebagai discryminated yang bebas :D karena aku tahu tahun depan mungkin tidak akan seperti tahun tahun kemarin saat kebebasanku sudah terbatas oleh tanggung jawab.

eson. x


aku adalah pemikir yang pemalas, anak emak yang gak gaul dan gak bisa ngikutin perkembangan jaman. aku hanyalah anak yang dari kecil besar di pinggir lapangan sepakbola sebagai suporter. anak yang baru mendadak underground sejak merantau ke malaysia, karena dulunya aku hanyalah anak kuper dan culun yang malam minggunya di habiskan di warnet. maen plestesen, atau ngumpul di kampung bersama teman2, jauh dari kedua orang tua. jadi temen adalah keluarga yang sebenarnya di sisi lain hidupku.

^^ yudi. x





pertama kali kita bertemu adalah suatu hari saat yudi datang celingak celinguk ke tempat kerja ku untuk tanya lowongan pekerjaan. di tempatku saat itu tidak ada lowongan, tapi aku tahu di tempat kerja temanku perlu pekerja.  jadi aku menyarankan untuk bertanya apa lowongan nya masih ada. alhamdulillah saat itu kamu di terima kerja disana dan pertemanan kita pun di mulai.

^^ endri. x




endri adalah saudara yudi. aku kenal endri saat endri pernah kerja sementara di tempat yudi. yah waktu itu akhir2 tahun 2012. beberapa minggu sebelum aff cup 2012. aku mulai jinak jinak mengenalkan apa itu suporter, sisi lain kehidupanku yang mungkin bisa mengajak yudi dan endri untuk memasuki nya. di mulai dari piala aff dengan sekedar jadi penonton hingga bisa mengajak yudi dan endri untuk nonton bola langsung secara underground (nonton pertandingan yang tidak bergengsi dan hanya di ketahui dari mulut ke mulut atau beberapa medsos yang mengikuti berita ajang tertentu).

waktu itu turnament yang di selenggarakan frenz united u16. aku mengajak yudi dan endri nonton dan ngenalin mereka ke temen2 bonek dan viking malaysia yang saat itu hadir juga di stadion cheras. walaupun saat itu kconk malaysia belum didirikan, tapi aku mengenalkan endri dan yudi sebagai kconk mania malaysia walaupun mereka memakai atribut ultras indonesia :D .

dari situlah jiwa mereka mulai paham, mungkn karena melihat temen2 bonek viking yang terorganisir walau dalam komunitas kecil yang saat itu hadir. entah bagamana awal mulanya, yang penting aku udah menunjukkan mereka inti dasar menjadi suporter. dan karena yudi dan endri lah kconk mania malaysia bisa di dirikan.

tapi sekarang kconk malaysia agak jauh melenceng dari niat dan tujuan asal dari apa yang aku rancang. entahlah tanpa solidaritas dan respect para pendiri, kconk malaysia hanya kayak komunitas kumpul2 doank, aku menulis cerita tentang kconk malaysia di postingan lain. aku hanya bisa minta maaf ke para pendiri kconk mania karena tidak bisa bersama mengembalikan mereka ke tujuan asal.

^^ ozi. x




ozi adalah teman sekerja yudi dan endri. dia lebih tua dari kita kita, pada awalnya kita yang memanggilnya bang ozi lama lama terbiasa memanggilnya ozi karena dia sendiri yang menyuruh dengan alasan dia masih muda :D dan memang iya, dia orang tua yang berjiwa muda. hehe

ozi adalah orang kerinci, ozi juga anggota kconk di awal mulanya karena ikut ikut an yudi dan endri. dengan gak jelasnya komunitas, keanggotaan seakan memuat ozi melabel dirinya ultras kerinci :D

^^ dede. x



dede adalah orang majalengka. aku tau dede pertama kali di foto yang di upload temen kconk mania saat kumpul tahun baru. saat itu dede memakai kaos lengan panjang band malaysia. karena aku penasaran kog dia ini keren agak kayak anak madura lainnya. aku liat profil facebook dede dan disitu aku tahu dede orang majalengka, dan dari sekian banyak fotonya aku tidak melihat fotonya saat jadi undergrounder(punker/metalhead) di kampung nya. jadi aku nebak dia adalah anak yang baru mendadak metal di malaysia, sama kayak aku :D dede mulai cerita banyak tentang dirinya yang dia anggota viking malaysia, walaupun dia bukan suporter persib dulunya, dia cuman ikutan kumpul sesama orang sunda di vikmal.akupun bilang ke dia ok aja, aku pun gak seberapa perduli, itu hak masing2 untuk ikut suatu komunitas, aku berteman bukan karena identitas. teman adalah teman, tanpa pandang bulu.

setelah kenal di fb dan pernah ketemu saat kumpul dengan temen2 kconk. hingga ada suatu acara punk di rumah api ampang ada band indonesia milisi kecoa yang main disana, aku pun ajak dede untuk merapat. dede pun mau hadir. kita pun sepakat ketemuan dan di tengah jalan ketemuan dengan teman2 fb ku yang asal gresik, mereka adalah outsider dan lady rose kualalumpur. walaupun aku belum pernah ketemu temen2 punk itu sebelumnya, aku tetep kenalan seperti biasa. tapi si dede kayak malu2 gimana gitu, padahal dia udah cerita banyak kalo di majalengka dia dulunya punk'er . dari situlah kadang aku ngerasa aneh ama si dede klo anak punk ketemu anak punk kog canggung nya lebay ? ah sudah lah skip dulu. akhirnya kita nikmati gigs nya si milisi kecoa.

dari temen2 deketku yang lain, dede adalah orang yang istimewa. dia banyak belajar dan tahu seluk beluk intisari dan intidasar punk dan metalhead. dia pasti udah banyak baca ideologi nya dan dengerin lagu2 underground lebih banyak yang aku tau. dia paham apa itu mandiri, senioritas, antikapitalis ini itu dan lain lain. tapi semakin tinggi layar pasti semakin kuat angin berhembus. dede pernah pesen/ambil/beli(aku gak tau apa kata yang benar) kaos punk di temen outsider, tapi belum di bayar. aku gak tau salah paham apa yang terjadi. karena aku kenal dua dua nya aku cari jalan tengah, aku bayari kaos yang dede ambil itu ke temen outsider, jauh2 aku bayari kaos itu dan minta maaf agar clearkan masalah. tapi di suatu hari aku di hina karena ngungkit2 masalah kaos, ngatain aku sok senior ini itu. hanya karena aku ngingetin dede jangan suka pesen kaos ke orang lain klo belum pasti uang nya ada. dede akan selalu bilang klo aku ini pilih kasih karena semua temenku kebagian kaos underground atau kaos suporter tapi dede gak pernah aku kasih.

bukan tanpa alasan, dede yang kuanggap istimewa. lebih underground daripada yang lain. sering janjiin aku nonton gigs dia yang bayarin tapi selalunya aku yang bayar sendiri. sering koar2 anti polisi tapi pernah suatu hari ketemu polisi beneran malah diam seribu bahasa, untung aku udah biasa ngadepin polisi. tapi ketika udah selamat alasannya iya aku berani karena punya ic. dan dari masalah aku gak kasih dia atribut, dia juga sejak pertama kenalan mau bantuin aku untuk bisa dapatin atribut viking malaysia, tapi bertahun sudah atribut viking malaysia yang kuingin kan tidak juga kudapatkan dari dede. dan jika aku menagih atribut itu hanya janji janji yang kudapatkan :D haha karena itulah aku belum bisa ngasih dede sebuah atribut

^^ andi. x





andi adalah anggota kconk juga walaupun dia bukan orang asli madura seperti ozi. awal aku bertemu andi adalah saat kconk malaysia ada acara kumpul2 di klcc. aku kirain di dede, ternyata bukan. karena saat itu dia pake jaket hem punk nya si dede.

saat itu temen2 lagi cerita klo ada temen2 aremania yang kumpul di klcc juga, tiba tiba andi dengan sok gaya nya terus berjalan seolah mau mencari mereka. andi di ikuti yudi, setelah agak jauh aku baru sadar, jangan2 dia mau cari masalah, akhirnya aku yang khawatir mengikuti mereka dari belakang. ternyata andi tidak jalan menuju tempat aremania berkumpul, karena saat pergi ke klcc aku sempat menyapa temen cewek aremania yang aku kenal. aku pun lega, karena and hanya eksis keliling2 dengan atribut begitu haha mungkin baginya kelihatan keren, malah menurutku itu aneh banget. memakai jaket hem punk dengan masker berduri jalan petentang petenteng :D

keren itu bukan gimana kita terlihat keren menjadi orang lain, keren adalah saat kita jadi diri sendiri dari apa yang kita lihat dan pahami cocok untuk diri kita.

^^ dannu. x




aku baru aja kenal dengan dannu. mungkin dannu juga belum kenal ozi dan andi.
pertama ketemu dannu adalah saat kita janjian mau nonton selangor di stadium shah alam. daanu adalah teman si dede yang sesama anggota viking malaysia.
hari itu aku pulang kerja jam 7. dan pertandingan selangor di mulai jam 8;45. jadi dengan gesusu sepulang kerja aku bertemu yudi, dede dan berkenalan dengan dannu seadanya. aku gak mau terlambat, ntar rugi :D . dengan rasa capek aku musang muka serius dan agak cuek, lagian aku mau ngetes si dannu. karena kadang aku bisa nebak reaksi seorang dari sikap pertama bertemu orang lain yang tidak dia sukai. hehe
akhirnya aku tahu, dannu orang yang pemalu dan tertutup. tipe orang jawa timur yang agak nengah.

saat hampir sampai di stadion aku nanyain ke mereka mau bayar iket atau gratisan manjat pager stadion, karena uang pas pasan kita milih gratisan manjat pager aja. milih tempat biasa yang kurang penjagaan dan ada suporter selangor lain yang manjat, kita pun manjat juga. tapi cuman aku dan si dede yang lolos.
dannu dan yudi terlambat karena keburu ada penjaga dan polisi yang datang. dannu dan yudi pun terpaksa beli tiket. aku dan dede yang masuk duluan duduk di tribun tamu, saat itu selangor vs perak. lagian aku janjian dengan seorang ultras perak. abang firdaus putera, tapi karena takdir aku mungkin elum bisa ketemu dia lagi karena meskipun udah lama kenal dan beberapa kali janjian, sampai saaat ini belum bisa bertemu.

akhirnya dannu dan yudi pun masuk ke stadion tapi di tribun ultras selangor, tapi aku menyuruhnya untuk pindah ke tribun perak dimana aku dan dede duduk. setengah pertandingan kita duduk di belakang tribun ultras perak dan tak ada tanda tanda dari firdaus putera. akhirnya ku ngusulin untuk ke tribun nya temen2 bonek malaysia. sebelum kesana aku nyuruh dannu, yudi dan dannu untuk foto2 lah mumpung di stadion dan gak perlu malu. awalnya tetep gak mau foto, setelah aku yang mulai foto sendiri dan bilang mau jalan, akhirnya mereka mau foto2 juga menyimpan moment :) .tapi tanpa mampir ke tribun ultras selangor, hehe karena aku mau absen untuk hari itu. tapi mau tiak mau kita terpaksa melewati ultrasel curva, karena kalau pake arah lain malah jauh banget muterin stadium.

di tengah jalan tetep aja ketemu temen2 ultrasel yang bisa ngenalin aku padahal jalan udah biasa aja sambil nyeliden, mau gak mau ya mampir ke ultrasel curva bertemu temen2 dan ikut  chants. hingga pertaandingan sisa beberapa belas menit, kita ngelanjutin jalan ke tribun tmen2 bonek. pertandingan berakhir atas kemenangan perak fa 2 dan 1 untuk selangor, walaupun sebelumnya selangor yang gol in duluan. selain aku, yudi, dede, dan dannu ada temen2bonek malaysia, cak gabriel, cak eko, cak gaple, cak minoel dan beberapa wartawan yang langsung dari indonesia.

saat mau pulang aku sempetin mampir di pintu 10 tempat nongkrongnya skinhead malaysia, ngobrol2 sebentar karena di ujung minggu temen2 skinhead malaysia punya acara gigs yang ngundang band oi dari bandung rentenir fc. cukup sebentar dan kita lanjut keluar stadion, niatnya pengen ketemu andik juga. tapi karena mobilnya gak cukup, maka aku yudi dannu dan dede gak bisa ikut dan gagal ketemu andik. itu adalah sebuah kegagalan yang kujanjiin karena dannu nianya nonton selangor+ mau ketemu andik. tapi gagal. akhirnya kita pulang ke cheras tempat kos kami.

aku, yudi dan dannu mampir dulu di warung makan, sedangkan dede pulang duluan karena sudah di tunggu istrinya di kamar kos. sepulangnya dari warung kita ngobrol sebelum tidur, oh iya aku udah pernah ceritain tentang kos kos an cheras ini di postingan discryminated 2014.
kos kos an ini adalah sebuah rumah dengan 3 kamar tidur, 1 ruang tamu, 1dapur dan 1 kamar mandi.
kamar pertama di tinggali ibu tuan rumah dan anak laki2nya, kamar kedua adalah kamar kos kami tempati, dan kamar kos terakhir adalah kamar dede dan istrinya.

XXXXXXXXXXXXXcampuranXXXXXXXXXXXXX

di kamar kos itulah dulunya aku yudi, ozi dan yudi tempati. banyak cerita terjadi disitu, dari ozi yang nangis pagi pagi di pintu dekat kamar mandi karena di putusin pacarnya si leha, di situ juga tahun aku putus dengan ulul karena hubungan pacaran jarak jauh, juga si yudi yang udah berusaha sampai hampir mati demi pertahanin hubungan nya dengan si chubie tarie. awalnya dari si tarie tak di restui oleh emak yudi, yudi usaha nyariin tarie kerja, sampai yudi pinjam duit ke bos nya untuk modalin kepulangan tarie. ngurus surat2 ini itu dan semua tetek bengeknya sampai si tarie bisa pulang di kampung halamanya di ngawi. tapi setelah beberapa waktu berlalu dengan banyak alasan si chubi tarie mutusin hubungan ama yudi. aku gak tau gimana perasaannya si yudi, tapi karena keterpurukan itu, setelah yudi bisa lunasin hutang di bosnya, yudi keluar dari kerjaanya. dia akhirnya ikut endri untuk kerja bangunan. aku hanya berharap suatu saat si tarie bisa ingat dan menghormati perjuangan yudi , walaupun tanpa harus pacaran lagi, setidaknya menghormati perjuangan yudi itu udah lebih dari cukup menurutku.

si endri udah nikah dengan anggota jbink mania malaysia dan sudah dapat seorang anak perempuan. dia jadi atasannya yudi sekarang, anggap aja bos :D si endri pun akhirnya menemukan jati diri asli leluhurnya. walaupun dia seorang kconk mania dan orang madura, endri adalah seorang bonek menurutku. seperti sejarah kconkmania pada awalnya yang sebagian besar adalah bonek.

ozi sekarang kerja kembali di tempat kerja lamanya kerena mendadak perlu pekerja.akhirnya ozi bisa masuk ddengan izin kak dila bos nya. tapi oi sekarang lain, jika aku nongkrong di tempatkerjanya, dia selalu sibuk nonton hp nya. jadi aku males nongkrong.dan kata kakak yang kerja dengannya, ozimendadak sering nonton film agama dan rohani karena setelah di beri minuman dari batu caves :D .

andi sekarang lebih baikan, dia gak ngeksis kayak dulu pertama dia ketemu aku :D lumayan lah. tapi andi salah satu teman yang lebay kalau urusan pacaran, kalau lagi galau. dia terlihat sangat menjengkelkan dengan update status nya di fesbuk, kadang aku ingin tiba tiba ada di depannya, ngomel kalau. no women, boy dont cry.

dannu yang asalnya kerja nya di perak, akhirnya bisa kerja di sekitar kualalumpur aja ikut saudaranya. yah sampai tulisan ini finish aku masih belum bisa nepatin janjiku untuk ketemuin dannu dengan andik vermasyah. yah pertama kalia dia nonton selangor juga karena ingin ketemu andik vermansyah. maaf teman mungkin suatu hari nanti aku akan nepatin janji walau bukan sebagai suporter13.

dede katanya sekarang kerja di serdang. tapi bagaimanapun seorang dede, dede tetaplah temanku yang baik aslinya. menurutku dede cuman belum bisa nentuin jati diri nya, jika dia sudah bisa menemukan jati dirinya. dede pasti bisa mandiri dan tanggung jawab terhadap hidupnya kayak yang selalu dia lantangkan tentang seorang punk harus mandiri. terus lah berusaha de, aku hanya bisa berharap yang terbaik untukmu walaupun kita sering ada masalah, walaupun kon selalu mikir aku gak seneng raimu, aku ngerendahin semangatmu, ngusilin identitas mu sebagai viking dan punker. eson cuman pengen kon bisa buktiin apa yang sering kon omongno,  kau tetep punk \m/ buktikan de oi oi

XXXXXXXXXXXXXendingXXXXXXXXXXXXX

jika ingat kalian, aku selalu ingat saat kita bisa kumpul, nongkrong bareng, nonton sepakbola di stadion, karokean, futsal malam malam, nonton konser underground dan banyak hal yang kita nikmatin saat bersama. tapi akhir2 ini kita udah sibuk dengan kegiatan masing masing dan aku yang ngerasa semua harus berubah, jika aku selalu berharap bisa ngumpul seperti dulu berarti aku egois. jadi aku memilih untuk pulang sementara ke rumah ku di kampung halaman. setelah itu aku akan kesini lagi dan cari kesibukan baru biar bisa adil sibuk seperti kalian. biar aku gak mikir aku kesepian gak bisa ngumpul kalian.

kalian adalah semangatku dalam mimpi, suatu impian yang bisa sama2 bisa nyanyi bareng dukung indonesia saat ada pertandingan apapun di malaysia. entah itu sepakbola, badminton bahkan cuman sekedar upacara 17agustusan di kedutaan besar republik indonesia di kuala lumpur. tapi itu hanya mimpi. tanggung jawab membuat kita semua sibuk dengan rutinitas masing masing. yah suatu saat nanti mungkin aku juga bisa seperti kalian, sibuk dan kalian menganggapku lain. tapi itulah siklus kehidupan. jadi sebelum itu terjadi, aku membuat tulisan ini untuk kalian, sebagai penghormatan atas kebersamaan kita.

saat tulisan ini diketik. akulagi suka dengerin sebuah lagu dari band KARNAMEREKA - SEMOGA LANGGENG DAN BAHAGIA. lagu tentang melepas seseorang cewek yang di cinta karena telah memilih orang lain yang lebih baik, tapi tetap berdoa yang terbaik untuk si cewek, ke langgeng an hubungan dan bahagia hidup nya. serta tentang perlunya kawan.

oh iya teman, bulan depan aku pulang ke kampung halaman. ke tempat dimana aku belum mengenal kalian. di kampung halaman itulah aku tidak akan perduli sibuk nya kalian :D entah berapa lama, aku ingin istirahat sebentar atau selamanya kembali kesana. wallahu a'lam. jika berumur panjang dan kita bertemu lagi, maaf jika mungkin aku udah gak sepeti dulu dan sekarang. saat aku kembali lagi aku mungkin seperti kalian yang sekarang, sibuk dengan tanggung jawab dan tak bebas untuk menemui dunia fana ini.

terimakasih untuk semuanya, aku banyak belajar dari kalian, ngerepoti kalian, hutang budi ke kalian. kadang aku juga bisa tersenyum saat ilmu alam yang biasa aku pelajari dari alam raya bisa kalian pelajari juga. seperti tetap jadi indonesia walaupun dimanapun, stay positif tanpa kut komunitas geng2an menyia2akan nyawa atas gengsi semata, tak perlu ngeksis dan nunjukin siapa diri kita, identitas, kekayaan, gaya, kemampuan dan apapun itu. karena orang sekitarmu tak melihat itu. cukup selalu berbuat baik dengan itu orang lain tak perduli apapun background mu. dan yang terakhir tetaplah berjuang dan melanjutkan doa kedua orang tua kita agar berdoa bagi kedua orang tua, keluarga, masyarakat, bangsa, agama dan negara.








 











wassalam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar