Selasa, 23 September 2014

Respect for HOMICIDE (Menolak LUPA)

There are maybe plenty of artists in the world,under named Homicide.
But one of the most well known around South east asia,is an underground, politically conscious hip hop supergroup from Bandung,West of Java,Indonesia.

HOMICIDE dihormati dikalangan hip-hop bawah tanah melalui lirik puitis tajammnya dan kekonsistennya dalam hal itu.  Lirik puitis tajamnya yang setajam silet itu di gabungkan dgn sajak abstrak dibungkus dengan ketukan exprimental gelap dan spectrum, konsisten dgn dua anggota, yaitu Margue Vanguard atau Ucok (Mc/Produser) dan Sarkasz (Mc) sejak 1994. Homicide berhasil menempatkan lirik mereka untuk melawan gerakan Neo-Liberalisme dalam bentuk musik.
 Akhirnya Homicide mengeluarkan mini album yang bertajuk "GODZKILLA NECRONOMETRY" sebagai demo, yang dimana album ini berisi :
1. Empowerment (Intro)
2. Boombox Monger.
3. Altar Ruins.
4. Puritan (Godblessed Fascists).
 5. Semiotika Rajatega.
6. From Ashes Rise.
 Salah satu kritik tajam Homicide akan kondisi sosial dalam mini album ini dapat kita temui dalam lagu Puritan (Godblessed  Fascists), lagu ini muncul pada pertengahan tahun 2001. Lagu ini dibuat sebagai protes atas fenomena pemberangusan dan sweeping serta pembakaran buku2 yang di cap "kiri" oleh beberapa golongan yang menggunakan topeng moral Agama dan Nasionalisme. Lagu ini cukup kontroversial dan memunculkan berbagai perdebatan, bahkan beberapa pihak menyarankan agar lagu ini tdk dirilis dgn alasan bahwa kondisi masyarakat adalah masyarakat yang religius.
 Menurut Penulis2, yang keren dari Homicide bukan cuma dr lagu"nya saja, yg tak kalah keren dari Homicide adalah di luar aktifitas musik mereka, Homicide juga membuat agitasi-agitasi perawanan terhadap pasar bebas dan kapitalisme, antara lain melalui situs mereka : apokalips.org, penerbitan Jurnal Apokalips, produksi kaos, maupun berbagai kampanye di akin myspace mereka. dan ada juga kegiatan lain secara pribadi dan kolektif.
Dan akhirnya HOMICIDE bubar pada tahun 2007 silam, dengan alasan dan pertimbangan yang mungkin lebih diketahui oleh mereka sendiri.
Homicide meninggalkan banyak karya-karya dalam bentuk lagu yang sampai sekarang masih saja didengarkan oleh sebagaian orang tak terkecuali saya... RESPECT:)
 
Diposkan oleh

http://angelfuxx.blogspot.com/2013/01/respect-for-homicide-menolak-lupa.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar