Selasa, 11 Mei 2010

Musik Tanah Air

musik Indonesia saat ini sedang on fire (bergairah -red). Kita bangga karena sampai saat ini musik Indonesia masih menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Dengan tidak mengesampingkan kualitas, menurut saya musik yang baik adalah musik yang bisa diterima oleh sekurang-kurangnya satu kalangan (misalnya musik pop untuk kalangan remaja), lebih baik lagi kalau bisa mengakomodir semuanya. Mungkin pernyataan di atas agak membingungkan, berikut penjelasannya.

Tidak bisa dipungkiri menjamurnya band-band pendatang baru saat ini tidak dibarengi dengan kemampuan musikalitas yang memadai (setidaknya itulah pendapat para ahli). Walaupun kenyataannya karya-karya mereka cukup populer saat ini. Band-band pendatang baru seperti kangen band, ST 12, Hello band, Wali dan beberapa band-band lain kerap mendapat cacian dan cibiran dari banyak pihak, bahkan oleh sesama musisi. Tentu hal ini sangat disayangkan.

Musik itu masalah selera. Apakah salah seandainya saya menyukai lagu-lagu kangen band yang kata sebagian orang kampungan musikalitasnya rendah?? Sebaliknya apakah benar jika dangdut kesukaan Anda dianggap norak oleh penggemar jazz. Hmm, kita tidak bisa memaksakan kesukaan kita kepada orang lain. Ibarat makanan, kita tidak bisa memaksa orang untuk suka kesukaan kita. Begitupun musik, serendah apapun kualitasnya menurut Anda, selama masih ada yang bisa menikmati, masih ada yang terhibur, kenapa tidak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar