Minggu, 09 Mei 2010

Puguh Kribo Torehkan Nama Di Museum Rekor Indonesia


Puguh Kribo, gitaris nyentrik asal Surabaya yang beberapa tahun lalu sempat membuat heboh kompetisi gitar tingkat internasional, Guitar Idol, kali ini kembali membuat sensasi dengan mencatatkan namanya di Museum Rekor Indonesia.

Pada tanggal 3 Februari 2010 lalu Puguh Kribo menerima penghargaan Museum Rekor Indonesia sebagai pengguna Twin Gitar pertama di Indonesia. Konsep Twin Gitar yang diperagakan oleh Puguh mirip dengan teknik 'left and right handed' milik Michael Angelo Batio, dimana satu buah gitar dengan 2 leher / neck masing-masing dimainkan oleh tangan kiri dan kanan dalam waktu bersamaan.

Gitar yang digunakan oleh Puguh dibuat oleh produsen gitar, Stranough, asal Bandung. Konsep gitar itu sendiri pada dasarnya sama dengan gitar yang lazim digunakan, namun dilakukan penambahan neck ke arah sebaliknya dengan posisi senar low tetap berada di atas. Untuk memainkannya, tangan kiri dan kanan memainkan 2 neck gitar tersebut secara bersamaan tanpa melakukan picking. Namun pada kebutuhan tertentu, gitar bisa dimainkan juga secara normal. Untuk membuat sebuah Twin Gitar dengan spesifikasi seperti milik Puguh tersebut dibutuhkan dana sekitar Rp. 15 juta.

Teknik yang diperagakan oleh Puguh berbeda dengan teknik touch style milik Balawan yang beberapa tahun lalu juga pernah akan dimasukkan ke MURI (berdasarkan wawancara terakhir dengan Musisi.com). Teknik touch style milik Balawan lebih mirip seperti teknik bermain piano yang memperagakan independensi dimana satu tangan memainkan neck untuk membentuk bass / chord sedangkan tangan lainnya memainkan neck untuk membentuk melodi secara bersamaan. Meskipun Balawan memiliki berbagai macam sub-teknik touch style, dimana terkadang ia memakai 2 tangan yang membentuk 2 melodi secara independen, namun dua buah neck gitar yang digunakan menghadap ke arah yang sama, yaitu arah kiri pengguna. Sedangkan teknik yang dimainkan oleh Puguh lebih mirip dengan konsep 2 gitaris yang memainkan melodi secara bersamaan / membentuk harmoni. Terkadang tangan kanan memainkan not pertama, dan tangan kiri memainkan not ke-tiga, seperti yang sering diperagakan oleh band-band dengan 2 gitaris seperti Helloween. Gitar yang digunakan oleh Puguh pun memiliki 2 buah neck dengan arah yang berlawanan.

Pemberian penghargaan dilakukan oleh walikota Jakarta Pusat, Prof. Dr. Hj. Sylviana SH. Msi di Mall of Indonesia (MOI) Jl. Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Penghargaan MURI yang diterima oleh Puguh berjudul "Pemain Twin Guitar Menggunakan Dua Tangan Secara Bersamaan". Seluruh anggota komunitas Musisi.com mengucapkan selamat untuk Puguh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar