Kamis, 09 April 2015

Juara Eropa yang Terlupakan

Ini Liga Champions, kejuaraan dengan status tertinggi di Eropa sebagai benua pusat peredaran sepak bola dunia. Adalah perkara yang teramat sulit untuk meraihnya karena seluruh tim terbaik domestik berkumpul dalam satu kompetisi.
Coba sebutkan 5 juara Liga Champions lima musim terakhir ? Inter, Barcelona, Chelsea, Bayern Munich dan Real Madrid. Adakah di kelima daftar itu klub semenjana ? tentu tidak. Tapi kita harus membuka mata kita dan melihat kebelakang dalam sejarah bahwa pernah ada tim tak terduga yang mampu memenangi kompetisi sepak bola paling ketat sejagat ini. Tidak hanya satu atau lima, lebih bahkan walau hanya lima yang akan saya tulis.
Kelima daftar ini menakjubkan, seakan saya ingin melihat secara langsung bagaimana proses mereka menjadi juara.
Nottingham Forest
The Winning Team Nottingham Forest
Dimanapun anda menemukan artikel sejenis, nama Forest pasti ada disana. Klub ini sekarang hanya bermain di kompetisi kasta kedua Liga Inggris. Tapi dulunya Forest pernah meraih puncak kejayaan tertinggi dimana bahkan tim terkuat saat ini sekalipun bermimpi untuk bisa melakukannya. Adalah di musim 1979 dan 1980, di bawah asuhan pelatih brilian nan nyeleneh, Brain Clough, mereka sukses menggondol trofi si kuping besar secara beruntun. Jika anda pernah mendengar nama Peter Shilton dan Martin O’Neill, merekalah salah satu legenda milik Forest.
Sayangnya kini Forest sudah terlupakan ditelan oleh jaman. Jangankan untuk bermain di Liga Champions, kembali mencicipi Premier League saja jadi perkara sulit. Terakhir kali mereka tampil di liga utama pada 1999 atau 15 tahun lalu. Runtuhnya kejayaan The Reds terjadi pada tahun 1993 ketika akhirnya mereka terdegradasi dari Premier League disertai dengan mundurnya Clough setelah 18 tahun mengabdi. Sang pelatih pun pergi bersama dengan kejayaan yang tak jua kembali.
Aston Villa
Aston Villa : Juara Eropa 1982
Inggris kembali menyumbang wakilnya. Kali ini ada cerita klub asal kota Birmingham-Aston Villa. Mungkin beberapa pembaca tidak ada yang menduga melihat status Villa sebagai pejuang papan tengah Liga Inggris yang tak pernah berubah. Tapi cerita indah di Liga Champions pernah disumbangkan klub favorit pangeran Charles ini untuk negaranya, tepatnya tahun 1982 atau persis 2 tahun selepas Nottingham Forest menjadi juara. Gol tunggal seorang pria yang pasti kita kenal, Peter Withe (mantan pelatih timnas) menyegel kemenangan Villa atas raksasa Jerman Bayern Munich dalam laga di Stadion De Kuip-Rotterdam.
Apa yang terjadi pada Villa selanjutnya tidak jauh beda dengan Forest, meski beruntung tidak sampai membuat mereka terdegradasi. Setahun setelahnya Villa gagal mempertahankan gelar, mereka hanya mampu menebus perempatfinal sebelum dikandaskan Juventus. Sejak saat itu, UEFA tidak pernah lagi mencatat nama klub ini sebagai peserta Liga Champions sampai detik ini. Tidak salah jika generasi diatas 90-an sudah melupakannya.
Feyenoord Rotterdam
Feyenoord Rotterdam, Menjadi yang Pertama dari Belanda
Inilah klub tersukses ketiga dari Belanda namun sudah begitu lama terlupakan bahkan untuk level lokal sekalipun. Generasi sedekade terakhir mungkin sudah tidak ingat jika Feyenoord adalah mantan juara Erendivisie tahun 1999. Dan sampai sekarang-pun hanya sesekali namanya muncul dipermukaan. Begitu sulit untuk bersaing di liga lokal apalagi bermimpi berprestasi di Eropa. Tetapi mereka memang pernah melakukannya, bahkan lebih dulu dari raja Belanda Ajax Amsterdam atau yang pertama dari negara kincir angin tersebut.
Kemenangan fantastis atas Celtic 2-1 dalam final 1970 di San Siro-Milan seakan menjadi mimpi yang mustahil diulangi. Seingat saya hanya gelar juara UEFA tahun 2001 sebagai pengingat bahwa Feyenoord masih eksis di Eropa. Bagaimana dengan Liga Champions ? tercatat 2003 adalah tahun terakhir mereka berpartisipasi, itupun hanya sampai di babak pertama.
Steaua Bucaresti
Steaua Bucaresti, Juara Eropa yang Tak Terduga
25 kali juara liga domestik dan inilah tim tersukses tapi hanya berasal dari Romania. Pernah mendengar namanya ? jika anda aktivis sepak bola anda pasti tahu walau tidak banyak. Begitupun saya. Saya baru tahu Steaua termasuk dalam catatan emas kelompok 22 tim eropa yang mampu memenangi supremasi tertinggi raja sepak bola Eropa ketika Porto juara dan tertarik untuk melihat tim-tim “kasat mata”  lain yang mampu tampil sebagai juara Eropa.
Keikutsertaan mereka di Liga Champions tidak bisa dibilang senin-kamis (jarang), tapi jujur saja pantas jika mereka dianggap tidak lebih dari sekedar pelengkap kuota. Jangankan untuk juara, menembus babak 16 besar saja adalah sebuah keajaiban. Tapi toh anda harus tahu bahwa sejarah mengatakan mereka memang pernah mengangkat trophy Big Ear. Penampilan gemilang bintang terbaiknya Victor Piturca sepanjang turnamen serta satu nama yang tak terlupakan, Helmut Duckadam. Seorang kiper yang mampu menepis empat algojo pinalti sekaligus milik Barcelona tahun 1986 lalu di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan Sevilla-Spanyol mengantarkan Steaua membawa pulang status raja ke Romania. Ya, 28 tahun yang lalu mereka mengalahkan Barcelona di final.
Red Star Belgrade
Generasi Emas Juara Eropa Red Star Belgrade
Apa yang ada dipikiran anda ketika mendengar nama klub ini ? raksasa Serbia ? Ultras ? atau Vacity Derby ? kecuali bagi penggemar sepak bola yang intens bahkan pilihan-pilihan saya itu kurang begitu familiar untuk kita. Sepintas saja mungkin pernah sesekali mendengar nama klub ini, itu karena peredarannya memang terbatas di lokal saja. Memang merekalah klub terbaik dan tersukses di Serbia (dulu Yugoslavia) dengan 26 gelar liga lokal, tapi tidak akan pernah menjadi unggulan untuk ukuran Eropa.
Musim 1991 mereka mampu menjadi tim Yugoslavia (negara Yugoslavia telah bubar) pertama dan terakhir yang mampu tampil sebagai juara Eropa. Dengan latar Stadion San Nicola-Bari, mereka sukses menghempaskan wakil Prancis Marseille. Tapi tidak ada yang menyangka, hanya setahun setelahnya menjadi keikutsertaan mereka yang terakhir di Liga Champions sampai artikel ini saya tulis. Dilupakan setelah 22 tahun ? wajar saja !
Penutup
Saya pikir 5 daftar cukup. Liga Champions adalah impian semua klub Eropa dan seluruh tim termasuk di negara kecil seklipun mempunyai hak untuk meraihnya asal syaratnya terpenuhi. Apa syaratnya ? tentu kemenangan dalam tiap pertandingan sampai partai puncak. Masih banyak tim Eropa yang lebih besar saat ini dari lima tim diatas yang belum pernah dan begitu bermimpi memenanginya. PSG, Man. City, AS Roma, Atletico, Galatasaray, Napoli dan masih banyak lainnya. Hanya 22 tim dari ribuan klub Eropa yang mampu melakukannya.
Mimpi tertinggi di Eropa sebagai kiblat sepak bola dunia dan lima tim tak terduga ini mampu menaklukannya. Well, inilah sepak bola yang harus anda ketahui untuk lebih mengaguminya.
Semoga bermanfaat.
Silahkan jika teman-teman berkenan untuk melakukan analisa sesuai topik ini di form komentar. Terima kasih sudah mampir untu membaca.
Referensi : goal.com, viva bola, wikipedia, uefa.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar