Jumat, 24 April 2015

BONEK MALAYSIA


 Negeri sembilan fa vs persebaya 1927. (Friendly match) disini bonek malaysia bermula @https://twitter.com/bonekmalaysia


 


Minggu 25 maret 2012 stadium paroi, negeri sembilan, malaysia.

awal mula
Semuanya berawal dari sini. Di sebuah tribun di mana berkumpulnya para suporter persebaya 1927 dan beberapa supporter indonesia yang datang di stadium untuk menonton pertandingan persahabatan ini.

Sebelumnya eson cuman mau menjelaskan, saya bukan bonek, bukan juga fans persebaya 1927. Saya hanya seorang suporter indonesia, yang belajar banyak dari temen2 "BONEK MALAYSIA" dan ingin sedikit berbagi tulisan tentang mereka.

Sore itu sepulang kerja saya pulang lebih awal dari biasanya, dengan bermodalkan alasan kalo ada acara di rumah saudara saya di seremban.
Saya seperti biasa akan naik kereta api untuk menuju ke seremban, dan sampai stasiun seremban saya akan langsung naik bus menuju stadion paroi. Yah saya telat seperti biasannya. Setelah sampai di stadion tujuan utama saya pasti di warung popia(sejenis lompiya basah pake bumbu kacang, pokok e ter enak di malaysia, mangkane aku tulis ben jelas ) di pinggir stadion. Nongkrong disana dan melihat agak ramainya fans yang hadir di pertandingan persahabatan ini. Lumayanlah menurutku, karena terlihat juga beberapa indonesia suporter yang beratribut.

Di dalam stadion, saya mampir ke teman2 ultrasel (ultras selangor fa) dan temen2 dari ultras negeri lain yang saya kenal(waktu itu saya udah kenal beberapa di antara mereka, karena saya gabung ultrasel jika lagi ngabisin waktu luang nonton selangor fa bertanding). Tapi yah saya tetep aja netral di pertandingan ini.
Cuman duduk di tribun paling belakang, di antara ultras negeri9 dan persebaya fans.

Dari pandangan saya. Depan Sebelah kiri berkumpul ramai ultras malaya(gabungan ultras negeri9 + ultras negeri lain) dan di sebelah depan kanan berkumpul sedikit persebaya fans, indonesia suporter dll.
Saya gak minat untuk kedepan sekedar kenalan atau apa dengan mereka. Karena saat itu saya masih ada sedikit dendam dengan bonek(persebaya fans) akibat incident 6 mei 2009 (insiden yang terjadi beberapa tahun lalu saat gresik united 2 vs 1 persebaya, dan setelah pertandingan bonek mengamuk dan berbuat onar di gresik) tapi jangan langsung menganggap saya anti persebaya dan pro sebaliknya.
Karena Dalam dunia suporter yang saya lalui banyak juga daerah dan suporter lain yang katanya damai dan saudara dengan kami(ultras gresik) tapi menjancokkan ketika kami bertandang ke tempat mereka. Seperti saat ke malang kami tidak dapat tribun walaupun bertiket di kanjuruhan malang, ke lamongan yang tribun juga di akusisi, atau bus yang di lempari sampai kaca nya pecah di jakarta. Dan itu semua katanya OKNUM yang melakukan ! Opo gak jancok cobak. Jare dulur ?? -sekedar sharing cuk- :D

Tapi di pertandingan itu saya sempat berkenalan dengan seorang "viking bandung" aku lupa namanya. Dan dari dialah saya sedikit tau cerita tentang sudah adanya komunitas "VIKING MALAYSIA" kami berkenalan dan berbagi info. Dia juga yang bercerita setelah pertandingan itu "BONEK MALAYSIA" di deklarasikan.

Pertandingan selesai dengan hasil imbang. Negeri sembilan fa 2 - 2 Persebaya surabaya 1927.
Aku pun pulang dan waktu pun berlalu.

Berlanjut di pergelaran aff 2012.
Seingatku gara2 bonek malaysia lah aku bisa tau juga FDSI (FORUM DISKUSI SUPORTER INDONESIA).
Dari situlah pertemanan bertambah . sempat juga mampir ke acara seribu lilin di tugu pahlawan bareng temen bonek dan fdsi surabaya,





Di pergelaran aff aku pun belum sempet deket dengan temen2 bonek malaysia. Cuman sekedar ingat dan ketemu waktu di tribun. Tapi ada di pertandingan pertama antara laos vs indonesia, di tribun atas curva nord bukit jalil. Aku melihat hal ganjil. Yah temen2 bonek malaysia dengan seorang berseragam "MALAYSIA" di antaranya. Saat itu aku belum tau kalu dia adalah "CAK MINOEL" :D (oiya gak perlu cerita tentang dia karena gak penting ) hingga pertandingan terakhir aku masih juga sungkan mau bantuan mereka untuk nyelundup flare atau smokebomb ke bukit jalil. Yang akhirnya cuman sempat nyelundup dan bakar 2 biji smokebomb di perantdingan indonesia vs malaysia. Indonesia kalah dan federasi pssi semakin jancok !!!

Setelah aff, rasanya aku udah bisa melupakan sedikit dendam incident 6 mei 2009. Yah itu karena loyalitas dan totalitas temen2 bonek dalam mendukung persebaya dan indonesia. Aku menilai itu lebih dari mentalitas !! Saat banyak suporter lain bungkam dan tunduk dengan sistem pssi, mereka malah melawan dan tetap mendukung timnas indonesia ! dan tidak lupa yah memori aff 2002 tentang seorang BAMBANG PAMUNGKAS , saat semua pemain senior dan yang lain di perlukan timnas mereka malah mungkir dan diam di kelek manajemen dan pssi ! hanya beliau lah panutan saat itu. #menolaklupa

First memories
Akhirnya sampai satu saat dimana aku mau ngumpul dengan mereka. Adanya sebuah ajang percobaan yang di selenggarakan arab yang mempertemukan timnas u19 indonesia melawan timnas u19 lain yang di undang.

Sore itu. Sampai di stadion aku mau saja langsung masuk karena aku udah terlambat seperti biasanya. Tapi ternyata satpam stadion tidak mengijinkan aku masuk karena ajang itu di gelar tanpa penonton.
Akhirnya aku online dan mencari kontak temen2 bonek malaysia. Setelah telpon ternyata teman2 bonek masih tercegat di pos satpam stadion shah alam. Karena mereka belum bisa masuk. Aku pun menuju kesana. Berkenalan dan sedikit berbasa basi.
Yah waktu itu mereka sudah mulai give up. Karena tim penyelenggara tidak membolehkan suporter masuk ke stadion.
Ada di antara mereka yang memilih untuk pulang saja, tapi ada temen2 yang berpendapat kalo kita udah sampai stadion. Mau tidak mau ya kita harus masuk juga !! Yah setelah jalan buntu karena ofisial indonesia yang di hubungi temen bonek malaysia juga mengiyakan tanpa penonton.

Terpaksalah ide dan kebiasaan saat menjadi bagian dari ultrasel kudu di keluarkan :D aku tau seluk beluk stadion shah alam. Cara masuk gratis lewat pagar tinggi tak berduri atau pintu loket yang bengkok. Ini bukan karena negatif way ala suporter agar kalian bisa meng cap bonek iku elek gratisan seperti biasanya ! Ini hanyalah cara terakhir agar tetep bisa masuk stadion cok :)
Akhirnya setengah dari temen bonek malaysia mau menerima usulku dan ikut mencari jalan masuk. Yah memang saja kami pasti dapat jalan masuk dari stadion shah alam yang sangat besar ini dan tanpa pengawalan.
Beberapa dari kami pun masuk terlebih dahulu, dan yang lain mengabarkan agar masuk juga.

Tapi ya begitulah, setelah di lorong menuju tribun . kami berfikir apa yang akan terjadi jika orang lain melihat suporter di pertandingan yang tanpa penonton ini ? Terpaksalah kami nonton pertandingan timnas u19 dengan cara NGINTIP JONGKOK :D

ternyata setelah bisa masuk semua. Malah ada temen2 yang berani nonton di tribun barat masuk ke vip.. hehe ternyata kalo udah masuk gak apa2 toh. ternyata ancen satpam dan penjaga nya yang lebay cuk,
Yah akhirnya beberapa dari kami mengahiri nonton ala NGINTIP JONGKOK dan bergabung ke tribun barat.

Di tribun barat itulah pertama kalinya aku atau yang lain juga bertemu EVAN DIMAS yang saat itu lagi training di pinggir lapangan.
Tapi kesan pertama adalah kekonyolan!! karena haus ada temen bonek yang minta air ke evan dimas dengan sedikit basa basi kenalan :D (ojok di guyu ancen ceritoe asli ngene cuk) si evan pun dengan nyantei ngasih minuman ke kami.

Pertandingan pun selesai dan ternyata kami boleh menemui pemain dan ofisial + masuk ke dalam lapangan . Sesuatu pengalaman yang lain dan berharga. Bisa berkenalan dengan semua pemain dan tentunya sang PELATIH LEGENDARIS garuda muda timnas u19 pak INDRA SJAFRIE.

Malam pun akan datang, akhirnya pemain dan ofisial kembali ke hotel dan kami pun pulang.
Itu adalah awal aku bisa merasa aku seakan tidak punya dendam. Aku berfikir mereka adalah saudara suporter ku. Bukan bagian dari bangsat bangsat yang membuat onar di incident 6 mei 2009.

Banyak hal yang bonek malaysia jalani dan mereka lakukan perjuangan itu sendiri tanpa perlu harus nunggu bantuan dari suporter lain. Walau kadang ada juga dari aliansi bonvika (bonek viking kconk) dan suporter lain di malaysia yang hadir di beberapa acara mereka. seperti kediri extreme daan yang lainnya.
Dari anniversary, mendukung timnas u16 >nonton sepakbola lokal malaysia> mendukung tim yang di perkuat mantan pemain persebaya(selangor dengan andik vermansyah nya dan atm dengan mario karlovic nya)> mendemo kantor aff sampai mendukung timnas di myanmar> pertandingan selangor fa vs arema cronus (incident pemasangan banner savepersebaya) sampek ada aremania yang turun dari tribun dan hampir menghampiri kalian. sedikit gesekan dengan ultrasel. yah mungkin akan aku tulis di cerita lainnya.
Yah itu sudah gila banget menurutku.


ini hanya sedikit tulisan tentang kalian BONEK MALAYSIA, sepurane ae nek tulisanku pasti gak bagus :D . sepurane sisan nek selama kene koncoan aku sering telat dan akeh absen ne di acara invansi malaya :D gak tak tulis jeneng, foto jelas atau laine. karepku y iki ngene tulisanku. wasalam dan salam 1 nyali wani !!
















































Tidak ada komentar:

Poskan Komentar