Kamis, 23 Juli 2015

Cak minoel, selangor fans dan cerita di balik panggilan capo ultrasel

Cak minoel, selangor fans dan cerita di balik panggilan capo ultrasel

 
sebuah foto dan sebuah cerita smile emotikon
ini adalah fotoku dengan seorang selangor fans yang juga keturunan jawa. dia adalah cak minoel. dia juga founder komunitas bonek dan viking malaysia. seingatku pertama kali ketemu dan kenal cak minoel adalah saat ada kompetisi undangan under 19 yang di selenggarakan oleh uni emirat arab (uea) di stadion shah alam.
federasi uea mengundang tim nasional seperti u19 malaysia, indonesia dll untuk berlatih tanding. kompetisi yang seharusnya di selenggarakan tanpa penonton itu dengan tidak sengaja kutonton karena ada informasi dan beruntungnya ada temen2 bonek malaysia yang akan nonton.

di pertandingan itu juga untuk pertama kalinya aku nonton langsung timnas selain senior, tim nas yang di buat secara D.I.Y oleh pelatih INDRA SJAFRIE. saat itu timnas u19 ini bergerak secara individu tanpa bantuan pssi. juga ketemu pemain2 timnas u19 saat itu sebelum mereka matang, menang, juara piala afc dan lolos piala asia. namun sayang setelah itu pssi mengurus mereka dan memaksa bakat mereka keliling indonesia selayaknya sirkus demi keuntungan pssi.
27 september 2013

back to the photo. ‪#‎sekilasinfo‬ banyak hal aneh yang bermula sejak foto ini di ambil. tepatnya ini adalah foto saat setelah pertandingan piala sultan selangor 2013 antara selangor fa vs singapore all star.
seperti biasa setiap hari saat ada pertandingan selangor, jika tidak waktu libur biasanya aku akan ke stadion terlambat karena pergi ke stadion sepulang kerja. yah antara 1-2 jam sebelum pertandingan. malang nya di tengah perjalanan macet. jadi aku ketinggalan big chorteo ultrasel dan kelewatan pertandingan veteran allstar. tapi untung waktu itu pertandingan allstar pilihan 2012
-2013 belum di mulai. dan sudah rutinitas saat datang ke curva ultrasel aku akan menyapa temen2, bersalaman ala ala brotherhood.

bermula dari belakang curva sampai berada di curva bagian depan. dimana drum line, flag machine dan tempat para capo berdiri. disitu aku bercengkrama sebentar dengan mereka, dan pertandingan selanjutnya pun di mulai. saat aku mau kembali ke tribun comrad, seingatku beberapa teman menyuruhku tetep di barisan depan saja. hingga mau tak mau aku tetap disitu.

sebuah kebanggaan bisa berdiri di garis depan. dengan barisan capo dan yang terdekat adalah seorang OREN SPRITE. seseorang true ultras, skinhead & hooligans selama yang aku kenal.
bisa berdiri disitu walau hanya untuk sedikit membantu itu sudah keren bagiku. pertandingan pun berakhir dan ada kepuasan saat kemenangan berpihak kepada pilihan selangor 2 dan singapore 1.

setelah pertandingan berakhir dan banyak para suporter beranjak untuk pulang. tiba tiba cak minoel datang, hehe tanpa janjian atau apa. dia bisa menemukanku, karena biasanya cak minoel akan duduk di tribun yang agak jauh dari ultrasel. memang ada alasan di balik itu, dan kononnya hanya karena ada aku cak minoel mau merapat ke ultrasel curva grin emotikon .aneh sih tapi nyata

dan aku pun di ajak nongkrong dulu sebelum pulang dan cak minoel mau mengantarkanku ke kos2an. yah saat nongkrong dan makan banyak yang kita bicarakan. mungkin sejak saat itu pandangan cak mioel kepadaku sudah terasa lain grin emotikon

hingga semakin banyak koneksi dan persahabatan yang terjalin antara cak minoel juga temen2 yang berasal dari malaysia dan indonesia. dan hal aneh yang aku takutkan pun terjadi.

ketikan ini cuman ku tulis karena ada temen2 aneh yang berlebihan. memanggilku capo selango/ultrasel atau malah minta tolong untuk dapetin syal ultrasel seakan aku memang anggota ultrasel sepenuhnya grin emotikon maaf teman, aku di sini hanya tamu, seorang suporter bola yang menyukai tim lain dari luar negeri dan BERUNTUNG nya aku bisa ke stadion langsung. karena aku yakin seperti kalian juga yang menyuport tim luar negeri seperti selangor, manchester united, real madrid, galastasaray atau tim lain. jika kalian ada di tempat itu. aku bertaruh kalian juga pasti akan berusaha datang ke stadion untuk mendukung tim itu secara langsung.

dan di selangor, khususnya di ultrasel. aku hanyalah tamu, seorang yang beruntung bisa bergabung dengan ultrasel. nonton langsung selangor home dan away. itu juga tak lepas dari bantuan teman2 ultrasel, yang sudi memberi tumpangan tranportasi saat sebelum atau sesudah pertandingan.
dan setelah pertandingan itu aku sudah jarang bisa ke stadion karena kerja jauh dari selangor. hingga tahun 2015 ini mencoba bertamu lagi karena kangen tribun dan efek kolapsnya liga indonesia !! jadi tahun ini bantai sampai mati semua petandingan. aku dan kalian semua fans selangor tentunya ingin SELANGOR FA juara harga mati !

sebelum tamat, tambahan tentang cak minoel. dia adalah seorang idealis. chelsea fans. dan tentunya generasi muda yang positif. kedekatan cak minoel dengan andik membuatnya semakin eksis, dan persahabatan dengan teman malaysia maupun indonesia semakin luas. mengetepikan rivalitas dan lebih menjunjung persahabatan walau kadang rasis juga untuk sang rival, ya itulah cak minoel.

dan segila gila nya aku dengan atribut ultras indonesia yang pernah MAMPIR ke tribun ultras malaya tapi dengan perasaan deg deg an. ternyata cak minoel seseorang yang lebih gila karena dengan santai dan tidak ada perasaan was was bisa membaur dengan bonek malaysia di tribun away indonesia fans saat ajang piala aff 2012 silam.

respect to all, cak minoel, selangor fans, ultrasel dan anggota ultrasel yang sekarang sudah tidak/kurang aktif.
jika suatu masa kalian ada waktu, kembalilah ke ultrasel curva. pengalaman kalian akan sangat di butuhkan untuk membangun ultrasel semakin solid tanpa keluar dari PATH ! nya
wassalamualaikum, better life friends. GRSX US12 GAZA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar