Jumat, 03 Juli 2015

SEBUAH NAMA, PANGGILAN JULUKAN LEDEKAN HINGGA KETURUNAN. OCUL SCUMBAG


SEBUAH NAMA, PANGGILAN JULUKAN LEDEKAN HINGGA KETURUNAN.




sebuah nama adalah suatu hal yang pasti di punyai setiap orang. selain nama formal pasti punya nama lain seperti nama panggilan, julukan, ledekan hingga garis keturunan. dan di balik itu pasti ada sebuah cerita nya.

ini tentang cerita namaku, aku terlahir di sebuah hospital di kuala lumpur malaysia dengan nama MOHD RASUL BIN bapak ku :) . tapi di lain cerita sebelum kelahiranku ternyata keluarga dan sanak saudara merencanakan memberi aku nama MUHAMMAD RIZAL. jadi meskipun sampai sekarang keluarga dan saudara tetap memanggiku RIZAL/RISAL.

saat kecil hingga aku memasuki SEKOLAH DASAR(SD) aku terdaftar dengan nama MUHAMMAD RIZAL. di lingkungan sekitar kampung tempatku tinggal aku dikenal sebagai RISAL. atau juga mereka memanggilku BOGANG karena saat kecil gigiku ompong :3 . beda juga saat di sekolah aku dapat nama BONCEL karena di kelas mungkin aku termasuk paling kecil di antara temen2 saat itu.

saat beranjak naik ke SEKOLAH MENENGAH PERTAMA(SMP) aku harus mendaftar/mengganti nama sesuai nama kelahiranku MOHD RASUL BIN BAPAK KU :D . jadi temen2 sd pun ada yg memanggiku rosul/risal jika ketemu. saat smp mungkin aku gak dapat nama panggilan.
tapi hal aneh adalah saat ada temen2 mau kerumah dan tanya orang kampung  dimana rumahku. mungkin banyak yang gak tau atau salah paham jika mereka tanya rumah rosul padahal orang kampung taunya namaku risal. kecuali jika temen2 ngasih tau saat tanya dimana aku sekolah atau anak siapa :D

hingga saat SEKOLAH MENENGAH ATAS(SMA/SMK/STM). kebetulan aku masuk ke STM. sekolah kejuruan yang mayoritas atau hampir semua muridnya adalah cowok, kecuali 1 orang kakak kelas dan 2 orang siswi pindahan sementara yang cewek di kelas dan sekolahku.

di stm ini lah hampir temen2 sekelasku punya nama lain. dari sifat, kebiaasaan, kemiripan atau hal yang biasa mereka lakukan. ini adalah nama lain temen2 sekelasku sesuai absen.

1 otit
2 cipenk
3 paiconk
4 uwong
5 rambo
6 bobras/metenteng
7 kepet
8 ot (omong tok)
9 umbel
10 bawean
11 bajoel
12 saprol
13 juwet
14 glewo
15 mbimbit/pedhot
16 jack (aku)
17 paijo
18 tepen
19 oyek
20 sekeh
21 gopel
22 pencenk
23 memed
24 embah
25 robot
26 gopo
27 agent
28 boncel

dan 2 orang cewek siswi pindahan sementara di kelasku
29 devie
30 sri

semua nama itu ada ceritanya masing2, termasuk nama panggilanku. pada awal nya aku di panggil BUNG HATTA oleh temenku riski tepen karena kacamata klasik dan potongan rambutku yang culun.
tapi waktu berlalu aku dapat nama lain adalah JACK(jek). nama jack berasal dari keseharianku pergi kesekolah naik sepeda motor YAMAHA FIZ R (SAHABAT.KELABU), karena agak aneh memang jaman segitu saat semua sudah pake sepeda motor kayak jupiter, satria, megapro dll aku malah masih pake sepeda yang agak lawas itu.
sepeda yang lebih cocok jadi motor untuk OJEK/NGOJEK karena speed dan BISING KENALPOTNYA yang bisa didengar sebagai tanda datang atau pulangnya aku kesekolah :D meskipun ada PEDHOT yang pake FIZ R lebih lawas atau gopo yang pake CB lebih klasik dariku. tapi panggilan JACK/oJEK udah melekat di name tag ku di kelas :D tapi karena motor FIZ R ku itu juga aku kadang merasa banyak murid lain yang tidak suka denganku.

jaman sekolah pun berakhir. dan aku terpaksa kembali ke malaysia, untuk kerja dan membantu ekonomi keluarga. di situasi,kondisi, suasana, tempat dan teman baru. pasti akan ada nama panggilan baru. seperti di tempat kerjaku. temen2 dan kakak2 di tmpat kerjaku memanggilku KACONG(panggilan untuk anak muda jawa dan madura) atau KAK ROS karena saat rambutku udah panjang dan aku ber tindik kayak cewek :D .atau nama panggilan UCOK dari seorang gadis medan yang sering ku panggil BUTED. ahaha itu adalah panggilan sayang mungkin candaku :3  menurutku buted seorang teman yang baik, cantik, dan senyumnya sungguh manis. saat melihatnya bisa membuat ceRIA dan semangat bekerja. para pembaca jangan SALAH PAHAM ya buted hanyalah teman :D

kembali ke cerita tentang nama. sejak d malaysia aku memakai sebuah nama fiksi DISCRYMINATED(TERDISKRIMINASI) karena sebuah situasi dan kondisi yang seakan aku terasing dari tempat sendiri dimana aku berasal. dan ULTRASAHABAT 12 (US12) adalah nama akun fiksi di dunia maya ku.

di malaysia aku punya 2 sisi lain di kehidupan sebagai ULTRAS (di scene suporter persepakbola an malaya) dan sebagai THE Oi (di scene local musik dan movement).
di scene suporter bola local, aku gabung dengan ULTRASEL(Ultras Selangor). di scene ultrasel dan ultras malaya yang mengenaliku. yah mereka memanggilku dengan nama akun facebook ku.
RAS ULT, ROCUL, GRESIX itu adalah nama akun yang dulu ku pakai saat aktif di ultrasel.

kalau di scene musik dan movement. aku gabung di sebuah komunitas yang di beri nama IMKL(INDONESIAN METALHEAD KUALA LUMPUR). yah di imkl temen2 kebanyakan memakai nama akun berbau underground banget. jadi mau tidak mau aku juga memilih sebuah nama akun identitas [SCUMBAG] dari nama julukan ALM IVAN FIRMANSYAH seorang vokalis legendaris band BURGERKILL.

bagiku nama lain atau julukan [SCUMBAG] bukan sebatas itu. tersirat terbalik dari arti asli scumbag yang berarti plastik sampah/sampah masyarakat. atau juga cerita asli di balik IVAN SCUMBAG. sbuah nama itu bisa jadi inspirasi bagi sekelilingnya dan fans nya. bahwa nama buruk atau sebuah penilaian belum pasti menunjukkan sifat seseorang itu buruk. akan ada sisi positif dan kebaikan di balik cap nama buruk itu. dan IVAN SCUMBAG membuktikannya.

di imkl yang sekarang temen2 dan anggotanya bertambah banyak, kadang aku ingin minta maaf jika aku tidak bisa mengenali atau ingat nama kalian satu persatu. jadi jika bertemu aku hanya bisa senyum dan menyapamu tanpa tau namamu. begitu juga jika kalian tidak tau namaku karena banyaknya akun fb ku. di lain itu ada kebanggaan saat ada temen imkl yang memanggiLku SCUMBAG/BEGUNDAL hanya karena akun ku atau memakai kaos BURGERKILL bergambar ALM IVAN SCUMBAG.






bagian terakhir ketikan ini adalah sebuah nama cerita sebuah nama panggilan terbaik yang pernah kudapatkan. nama panggilan yang di berikan oleh seorang teman baik, sahabat, pujaan hati dan mantan kekasih. dia adalah NURUL FARWATI ,teman smp kelas 2 yang pindah sekolah saat kenaikan ke kelas 3 tahun 2006 dan kita putus kontak hingga ketemu kembali di FACEBOOK tahun 2011 karena sebuah foto kenangan.

nama panggilan untuk ku itu adalah " OCUL " dan aku memberi nya nama panggilan " ULUL ". sebuah nama panggilan yang di ambil dari nama asli yang di lucukan. nama panggilan khusus antara aku dan dia yang bertahan sementara tapi akan kuingat selamanya dengan kenangan nya. OCUL SCUMBAG adalah nama terakhir saat sebelum kita berpisah dan ULUL adalah sebuah nama yang saat aku mengingatnya ingin selalu kupanjatkan doa untuk mu, keluargamu, kebaikanmu, masa depanmu semoga selalu mendapatkan yang terbaik dari tuhan. amiin


sebuah nama, panggilan, julukan atau apapun itu. terserah apapun nama yang kalian berikan padaku. aku hanya bisa berterima kasih. semoga dengan nama itu bisa jadi lebih baik. jadi sekarang apapun panggilan mu untukku itu TERSERAH KALIAN jika kamu tau ceritaku tapi tidak dengan NAMAKU :D

RIZAL RAS ULT GRESIX OCUL SCUMBAG ULTRAS SAHABAT JACK KELABU 12

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar