Jumat, 03 Juli 2015

Gresik Tempo Dulu : Nasi Krawu, makanan dari luar Gresik yang menjadi makanan khas Gresik

Nasi Krawu, makanan dari luar Gresik yang menjadi makanan khas Gresik


Makan yang sekarang menjadi makanan khas gresik, banyak di jual dari restaurant , Pkl maupun di pinggir jalan berupa nasi krawu bungkusan.
Sebenarnya Nasi Krawu itu bukan berasal dari Gresik tapi merupakan makanan warga Bangkalan madura . Yang membawanya adalah Munimah ( Mbuk Mu ) orang Bangkalan yang berubranisasi ke kota Gresik dikisaran tahun 1960 an.

Pada tahun 70 an , Mbuk Mu mengajak anaknya Sufayyah ( mbak Su ) untuk berjualan nasi ini secara berkeliling sambil mengajari tata cara berjualan dan meramu nasi yang terkenal dengan nama Nasi Krawu.
Dan akhirnya mbak Su meneruskan usaha ibunya, dimana mbuk Su sebelumnya berjualan bubur madura ,lalu beralih berjualan beras panir tapi hasilnya tidak seberapa. Dari usaha nasi Krawu ini mbuk Su berjaya.
Nama Krawu ,
Banyak orang yang beranggapan nama Krawu diambil dari cara menyajikan bahan lauk yang di" Krawuk krawuk " dengan sendok , sehingga makanan yang terdiri dari nasi dengan lauk daging sapi goreng disuwir suwir , abon, mangut, sambel terasi dan srundeng kelapa dibei nama Krawu.
Tetapi sebenarnya nama Krawu berasal dari nama kelapa parut yang di goreng dengan cabe merah yang disebut sebagai Krawu.
Foto MENGENANG FOTO MBUK SU ( MBUK HJ SUFAYYAH ) SAAT MENJAJAKAN NASI KRAWU YG MERUPAKAN AWAL DIKENALNYA SEBAGAI MAKANAN KHAS GRESIK
( koleksi nasikrawugresik.blogspot.com )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar