Jumat, 02 Juli 2010

tips mencari vokalis yang bagus

Vocal range: carilah vokalis yang mempunyai vocal range yang lebar, semakin banyak oktaf yang bisa dijangkau semakin baik. Ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan band anda, untuk rock(hard rock, heavy metal, dst) misalnya carilah vokalis yang mempunyai suara tinggi dan vokal range yang lebar, saya pribadi suka tipe-tipe suara seperti Freddie Mercury(Queen), Sebastian Bach(Skid Row), Andi Deris(Helloween), Michael Matijevic(Steelheart), dan Bruce Dickinson(Iron Maiden)

Ciri khas / karakter suara: selain mempunyai vocal range yang lebar, ada beberapa vokalis yang memang mempunyai karakter suara yang unik, seperti misalnya Steven Tyler(Aerosmith), Klaus Meine(Scorpion), karakter suara ini susah dicari

Kepekaan terhadap nada, kebanyakan jika seseorang menyanyi fals karena tidak sesuai dengan nada dasarnya, dan ada yang tidak bisa menyesuaikan diri dengan musik pengiringnya sehingga tetap fals sampai akhir lagu, bisa terlalu rendah/terlalu tinggi, ga enak didengar.

Bisa membaca dan menyanyikan not dengan baik, ini memang agak susah, kebanyakan asal bisa nyanyi aja

Kemampuan memainkan alat musik, ini sangat berhubungan dengan syarat no 3. Kebanyakan, kalau bisa memainkan alat musik, biasanya peka terhadap nada. Akan lebih baik jika vokalis band anda bisa memainkan alat musik, karena beberapa band terkenal juga mempunyai vokalis yang juga merangkap jadi player juga, seperti Freddie Mercury(Queen), Jon Bon Jovi(Bon Jovi) dan James Hetfield(Metallica), bukan perkara mudah bernyanyi sambil memainkan gitar dengan baik seperti James Hetfield apalagi kadang ada beberapa solo gitar Metallica juga diisi olehnya.

Pengetahuan musik yang cukup

Sanggup bertahan lama menyanyi, karena butuh stamina yang terjaga dan olah nafas yang panjang

Ada power juga pada saat menyanyi, penyanyi yang baik, bila menyanyi dengan mike, suaranya terdengar jernih dan bergaung, sehingga enak didengar

Kalau kedelapan syarat diatas terpenuhi, soal tampang ga terlalu jadi masalah, yang penting bisa berkomunikasi baik dan menarik.

2 komentar:

  1. Pelatih Vokal /Instruktur Vokal SOLO & PADUS/VGrup
    Melatih di Sekolah, Kampus, Event Perush dan Pengarah Vokal Studio Rec, Arranger Vokal, Penulis Partitur/Not

    WILLY / WILLAS
    021-91023213, 082123931898

    BalasHapus
  2. dan JURI Pertandingan

    BalasHapus