Kamis, 13 November 2014

francesco totti : king of rome

Pada tahun 1976, itulah awal kemunculan seorang pangeran baru AS.ROMA. Seorang bayi mungil di Roma, yang kelak akan menjadi pembicaraan dan pujian dari masyarakat kota abadi. Bayi itulah yang bernama Francesco Totti.

Sebuah hal unik terjadi, Totti mungil sangat mencintai bola. Ia selalu mencengkram bola dengan kuat dan akan menangis jika ada yang mengambil bolanya. Dan ketika ia sudah mulai tumbuh menjadi anak-anak, hal yang menarik sebagai mainan baginya hanya bola. hobinya menendang bola ke dinding dengan berbagai cara. Tak lupa kalau ke taman di kota Roma selalu mendribel bola.

Karena bakat dan cintanya pada sepakbola itulah yang mebuat sang ayah “enzo” dan ibunya “Fiorella” mendukung karirnya untuk menjadi seorang pemain bola professional. Fortitudo, Smith Trastevere, dan Lodigiani inilah klub2 yang pernah di bela Totti kecil, dimana dia selalu mendapat pujian dengan sebutan “calon bintang dari Roma”. Pada usia 5 tahun Totti sudah punya trophy pertamanya. Dan pada usia 9 tahun Francesco sudah menjadi pembicaraan banyak orang di kota Roma.

Hal itu yang membuat sang ibu “Fiorella” gundah, ia tak ingin bakat putranya tersia-siakan. Sampai akhirnya Totti bergabung di Trigoria. Tapi itu tak menghentikan gundah sang ibu, karena Totti merupakan anak kesayangan. Ia selalu berusaha menguntit Totti, menelpon pelatih untuk memastikan Francesco tidak kedinginan saat Italia sedang mengalami musim dingin. Inilah yang mebuat Totti di juluki bambino “anak mama”

Ada peristiwa menarik disini, Totti secara resmi ingin di kontrak AC.Milan dan ingin membawanya keluar dari Trigoria. Dengan iming2i kontrak, rumah mewah dan sekolah gratis. Tapi apa yang terjadi?? Sang ibu sangat meproteksi Totti, AC.Milan hanya kena amukan amarah sang ibu. “Tak semeter pun Francesco keluar dari Roma! Camkan itu” ungkap sang ibu. Aku mungkin akan bertahan hidup lebih lama tanpa makanan, tapi aku takkan bertahan lama tanpa bambino ku. Itulah kata sang ibu.

Sepakbola adalah hal berarti bagiku, ia seperti kehidupan yang penuh keindahan. Aku takkan bisa mebalas jasa2 ibuku. Aku beruntung punya orang tua yang selau membantu dan mendukungku tanpa pernah menekanku. Inilah ungkapan Francesco tentang sepakbola dan orang tuanya.

Ada dua mimpi dalam kehidupan Francesco, ia berperang dengan dua mimpinya. Yang pertama adalah Real Madrid yang merupakan sarat ketenaran dan kemegahan sepakbola. Mimpi kedua yang tak kalah indah yaitu Giuseppe Giannini sang il capitano, playmaker dan pemain kunci AS.ROMA yang selalu menuai pujian dari masyarakat kota Roma. Elegan, penuh karisma dan diidolai banyak wanita Italia.

Cerita baru dimulai pada 18 maret 1993, disisa pertandingan Brescia vs AS.Roma saat Roma telah unggul 0-2, Totti yg baru berusia 16 tahun diturunkan oleh pelatih Vujadin Boskov. Ia sangat senang. Karena bermain dengan sang idola “giannini”. Sejak itu ia memilih mimpi kedua sebagai hal yang harus diraih.

Tahun berikutnya Roma dilatih carlo mazzone. Ia sangat memproteksi Totti, menjadikan Totti sebagai pribadi yang rendah hati. Ia juga menjadikan Totti sebagai “fantasista” yang hebat. Orang-orang, termasuk kritikus dan fans, hanya mengenalnya sebagai seorang pemain. Padahal karakter terbaiknya terlihat di luar lapangan, bukan di lapangan. Ia adalah seorang yang luar biasa, ia sederhana dan rendah hati, penolong dan menyenangkan, serta taat dan penurut” inilah kata Carlo Mazzone tentang Totti. Ucapan mazzone terbukti, pada tahun 2003 Totti menjadi duta Unicef. “Totti telah dikenal di penjuru dunia, namun ia tetap bersahaja, jujur dan tidak terlalu serius. Ia memiliki hati emas dan mencintai anak-anak” tutur Carol Bellamy, mantan Direktur Jenderal UNICEF. Pada tahun 2005 terjadi pemberontakan oleh tentara irak, mereka menculik wartawati “Giuliana Sgrena” dan berita itu sangat heboh. Totti juga mengetahuinya, kemudian ketika mencetak gol, ia berlari keliling Olimpico dengan baju kaos bertulisklan "Bebaskan Giuliana". Selang bebrapa hari ternyata wartawati itu bebas, dia mengakui ke pers kalau dia dibebaskan karena seorang tentara pemberontak adalah romanisti dan mengagumi totti. Karena melihat aksi totti, ia membesakan saya, itu kata giuliana.

September 1994, di Stadion Olimpico Totti di usia 18 mencetak gol pertama dalam pertandingan Roma vs Foggia, melalui tembakan rebound akurat . pada musim ini Totti terus menambah penampilan dan golnya , ia menjadi pemain inti yang tak tergantikan oleh Mazzone.

Perputaran yang bertolak belakang terjadi. Pada 1996/1997 AS.ROMA ditangani pelatih baru asal argentina "carlos bianchi". Sialnya dia tak menginginkan Totti walau Totti waktu itu telah menjadi incaran club2 elit eropa sperti ajax atau sampdoria. Dia ingin melego totti untk membeli "jari litmanen". Tp hal itu di tolak franco sensi. Baginya produk asli dgn talenta hebat adalah hal paling brharga. Itu terbukti dengan suksesnya Totti yg jauh lewati litmanen. Bianchi mengancam pilih dia atau Totti. Franco sensi lebih memilih memecat pelatih dan menjaga serigala2 muda. Krna baginya pemain didikan sendiri akan bermain dengan sepenuh hati dan menganggap AS.ROMA sebgai bagian dari hidupnya.

AS.Roma kemudian dilatih Zdenek Zeman, inilah awal yang manis. Zeman begitu mengagumi Totti. Ia selalu memuji Totti, ini ungkapan unik tentangnya. Sewaktu ada yang bertanya “siapa lima pemain top italia??”, dengan yakin Zeman menjawab “Totti, Totti, Totti, Totti,Totti”. Hanya pria yang hebat yang mampu melakukan sesuatu yang fenomenal dan membuatnya terlihat mudah itulah Totti, ungkap Zeman.

Pada usia 22 tahun Totti resmi menjadi new Il capitano Roma. Tapi Totti masih belum begitu dewasa dan agak emosian. Sampai ia mendapat tendangan dari sang idola “giannini” sambil berucap “tendangan ini mungkin tak sakit dibanding apa yang dirasakan hatimu karena ditendang oleh orang yang kau idolai, tapi kamu kan mengerti kenapa aku memarahimu karena aku ingin kamu jadi dewasa dan berubah menjadi pemimpin yang jadi panutan”.

Kebintangan Totti terus berlanjut, di EURO 2000 ia sukses “membodohi” kiper sekelas van der sar dengan penalti chipnya. Walau italia gagal juara tapi Totti menjadi pemain terbaik. Ia juga membawa AS.ROMA scudetto pada tahun 2001.

Pada tahun 2006 Totti berhasil mengantarkan Italia menjadi juara dunia pada World Cup 2006 di Jerman. menjuarai piala dunia merupakan impian tertinggi setiap pesepakbola dan Totti telah meraihnya. Pencapaian hebat dari seorang Francesco Totti, diia pun memutuskan pensiun dari timnas Italia untuk bisa lebih total untuk AS.ROMA. Mungkin didunia banyak pemain bintang, namun bagi saya Totti adalah yang terbaik disamping permainannya, skill namun juga tentang loyalitas. Ada pemain yang di juluki new Zidane, new Kaka, new Maradona, new Pele.. Tapi tak ada yang dijuluki new Totti.. grazie Capitano..



Prestasi Totti (individu)
^Pemain muda terbaik Serie A 1999
^Pemain terbaik Serie A 2000 & 2003
^Pemain terbaik Italia 2000, 2001, 2003, 2004, & 2007
^FIFA 100 great players
^Top skor Serie A 2007
^Sepatu emas Eropa 2007
^Bola perak (penghargaan fair play) 2007-08
^Pencetak gol terbanyak Roma sepanjang sejarah
^Penampilan terbanyak Roma sepanjang sejarah
^Pencetak gol terbanyak Serie A yang masih aktif.
^Golden Foot Award 2010



Kata mereka tentang Totti
1. Marcos Cafu
Tottiadalah pemain jenius, ia seperti memiliki seribu mata untuk mengumpan.

2.Batistuta
Totti adalah pemain yang tau bagaimana cara memanjakan seorang striker.

3. Buffon
Totti adalah pemain yg mampu menaikan mental team.

4. Filippo Inzaghi
Dia pemain fantastis, kebanyakan gol2 saya di timnas italy bersumber dari asist2nya.

5. Andrea Pirlo
Totti adalah pemain yg mampu membuat saya lebih bebas berkreasi.

6. Kaka
Melihat caranya bermain membuat saya ingin bermain dengannya.

7. Del Piero
Setelah dia memutuskan pensiun dari timnas. Italy akan sangat kehilangan, krna tak ada pemain yg bisa jadi pengganti dirinya.

8. Mexes
Salah satu faktor saya memilih brmain di AS.ROMA adalah krna sosok Francesco Totti.

9. Riise
dia seperti dewa sepakbola, dia kapten terbaik yg pernah saya jumpai.

10. Gattuso
Totti itu hebat, tak hanya sebagai teman satu team tp jg diluar lapangan. Dia pribadi yg rendah hati dan humoris.

11. Raul Gonzales
Saya akan merasa sangat terhormat jika bisa brmain birsama Totti, dia adalah salah satu pmain terhebat dalam sejarah. Klub manapun akan senang bisa memilikinya.

12. Wesley Sneijder
Totti itu pemain hebat. Dia adalah pemain penuh loyalitas. Dimanapun anda bercerita Tentang AS.Roma walaupun di Belanda maka meraka akan bercerita tentang Totti.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar