Kamis, 13 November 2014

semua tentang Gresik

About Gresik::-:
Kabupaten Gresik merupakan salah satu wilayah yang ada di Propinsi Jawa Timur yang terletak di sebelah utara  kota Surabaya. Jarak Kabupaten Gresik dengan Kota Surabaya +/- 18 Km, waktu tempuh +/- 45 menit.
Kabupaten Gresik memiliki obyek dan daya tarik wisata yang cukup banyak dan potensi untuk dikembangkan, antara lain:
  1. Wisata alam sebanyak 15 obyek yang meliputi: goa, danau, pantai, air terjun dan air panas.
  2. Wisata budaya sebanyak 15 obyek yang meliputi: situs dan purbakala berupa makam dan petilasan.
Obyek-obyek tersebut berada di wilayah daratan dan di wilayah kepulauan Bawean.
Di wilayah daratan obyek dan tarik wisata Pulau Bawean banyak berupa wisata alam.
Dalam rangka mendukung kepariwisataan di Kabupaten Gresik, telah berkembang juga usaha kepariwisataan yang terdiri dari :
- Hotel sebanyak 6 buah
- Rumah makan sebanyak +/- 19 buah
- Biro perjalanan sebanyak +/- 23 buah
:-::Jalanan Kota Gresik::-:
Di Gresik terdapat banyak jalan. Diantaranya adalah Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo. Jalan tersebut merupakan jalan yang paling ramai dilalui oleh kendaraan, apalagi kalau pada saat jam berangkat kerja maupun jam pulang kerja. Di jalan tersebut merupakan perlintasan dari rumah penduduk ke tempat kerja atau kantor.
Selain Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husono terdapat juga Jl. Kartini, Jalan tersebut terdapat banyak perkantoran dan Bank. Dan untuk Jl. Panglima Sudirman adalah pusat perdangangan Handphone atau Ponsel. Beda lagi dengan Jl. Mayjen Sungkono, di jalan tersebut terdapat banyak manufacture atau pabrik yang mengembangkan usahanya di daerah tersebut. ada banyak lagi jalan di Gresik, untuk mengetahuinya anda dapat berkunjung langsung ke Gresik.
:-::Waduk & Perpustakaan Umum::-:
Pada tahun 2007 di Gresik telah dibangun sebuah waduk seperti yang terlihat di atas. Sebelum dibangun waduk, tempat itu dulunya adalah sebuah lapangan sepak bola ”Telogo Dendo”. Waduk itu terletak di Jl. Jaksa Agung Suprato. Setelah beberapa waktu tempat tersebut diganti dengan sebuah waduk untuk menanggulangi banjir di kota Gresik.
Tepat disamping waduk tersebut terdapat sebuah Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Gresik. Di tempat tersebut disediakan berbagai buku untuk Umum maupun untuk para pelajar di daerah Gresik.
:-::Balai Gede::-:
Balai Gede Terletak di Daerah Lumpur Gresik atau di Jalan Sindujoyo yang berdekatan dengan pantai gresik. Balai Gede digunakan oleh nelayan setempat sebagai tempat mendiskusikan sesuatu yang dianggap sulit oleh masyarakat di sekitarnya. Mulai dari masalah lingkungan sampai masalah hubungan bermasyarakat.
Ada sebagian dari masyarakat di sekitar Balai Gede yang menganggap Balai Gede sebagai tempat yang kramat. Karena pada jaman dulu menurut warga daerah Lumpur tersebut Balai Gede adalah sebuah tumpukan kayu yang mirip sebuah Balai yang secara tidak sengaja berada di tepi pantai (sekarang daerah lumpur). Setiap warga sekitar menyingkirkan tumpukan kayu tersebut, kayu tersebut selalu kembali. Maka didirikanlah oleh warga sekitar sebagai balai sampai saat ini. Ada beberapa warga sekitar yang selalu mengkaitkan suatu hal yang mistik dengan tempat tersebut, misalnya kalau ada orang yang kerasukan makhluk halus, maka warga sekitar dapat menebarkan bunga yang dianjurkan di sekitar balai tersebut dan konon orang yang kerasukan tersebut akan sembuh.
Nah itu sebagian cerita tentang balai tersebut, dan bila ada yang ingin mengetahuinya lebih lanjut maka datanglah ke Kota Gresik.
:-::Jajanan Gresik::-:
Kalau kita membicarakan kota Gresik, pasti kita ingat dengan Pudak dan Otak-otak. Gresik memang dikenal dengan Kota Pudak, karena disinilah asal dari pudak. Pudak banyak diproduksi dan dipasarkan di kota Gresik, selain pudak di Gresik kita juga akan menemui banyak Otak-otak dan Nasi krawu. ketiga makanan tersebut (Pudak, Otak-otak dan Nasi krawu) telah melekat dengan kota Gresik.
Adapun kita dapat menemui pedagang pudak di Jl. Sindujoyo Gresik dan sekitarnya. Di sana Pudak di produksi dan dipasarkan. Bagi yang ingin mencoba masakan atau jajanan khas Gresik dapat mengunjungi langsung ke Kota Gresik.
Selain jajanan khas daerah Gresik tersebut anda jangan kaget kalau di Gresik terdapat banyak Warung kopi. Masyarakat Gresik sejak jaman dulu dikenal senang berkumpul, oleh karena itu banyak didirikan warung kopi di Kota Gresik
:-::Kehidupan Masyarakat Gresik::-:
Banyak lapisan masyarakat yang tinggal di kota Gresik, semua hidup dengan rukun tanpa membeda-bedakan. Di Gresik juga bisa kita temui berbagai macam tempat ibadah mulai dari Islam, Kristen dll. Setiap ada permasalah dapat didiskusikan dengan baik, karena masyarakat Gresik suka perdamaian.
:-::Gedung Olahraga & Pertemuan::-:
Di Gresik ada beberapa tempat olahraga tapi salah satu yang terbesar adalah Tri Dharma (Gedung Olahraga Petrokimia Gresik) yang terletak di Jl. Ahmad Yani. Banyak even olah raga nasional bahkan internasional yang pernah dilaksanakan di Gedung olahraga tersebut. Olahraga yang biasa dilaksanakan di dalam gedung tersebut adalah Bola Volly dan untuk yang dibelakang Gedung Olahraga tersebut ada Stadion Petrokimia Gresik yang sampai sekarang sering di gunakan dalam even olahraga nasional.
Selain itu di Gresik juga banyak ditemui beberapa Gedung Pertemuan diantaranya adalah Tri Dharma dan Wisma Semen Gresik. Untuk Gedung Wisma Semen Gresik terletak bersebelahan dengan Gedung Utama PT. Semen Gresik yang berada di Jl. Veteran. Selain Kedua Gedung Pertemuan di atas masih banyak lagi Gedung pertemuan di Gresik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar