Jumat, 14 November 2014

STOP FOOTBALL VIOLENCE !! Negara kita masih sama INDONESIA, Lagu kita masih sama INDONESIA !!


Ini bukan tentang siapa yang salah dan siapa yang benar!
Ini bukan tentang siapa yang terhebat dan siapa yang terlemah!
Ini bukan tentang ego masing-masing wilayah!
Ini bukan tentang oren ataupun biru!
Ini tentang Sepakbola!
Ini tentang Indonesia!
Ini tentang perdamaian!

JakOnline – Yang gue tau, dalam sepakbola kapasitas supporter cuma mencitai dan memberi dukungan penuh kepada team yang dibanggakannya. Bukan tentang membenci kelompok yang mendukung team lawan. Supporter sejati jelas kecintaannya terhadap team jauh lebih besar dari kebencian terhadap supporter lawan.Tapi yang terjadi disini sedikit sulit diterima akal sehat, mereka menganggap dirinya supporter sejati bila sudah Menghujat, Menghina, Memaki, bahkan Menyerang kelompok supporter team lawan! Padahal belum tentu mereka setia berada di tribun penonton saat team yang mereka bela sedang bertanding! Miris..

Bila disebutkan satu-persatu, sudah berapa banyak jiwa yang telah dikorbankan atas nama “Loyalitas” salah kaprah ini..!!
Bila harus diteruskan, akan ada berapa jiwa lagi yang harus dikorbankan untuk mendapat predikat “Supporter Sejati” yang salah kaprah ini..!!

Perdamaian seluruh supporter Indonesia adalah langkah yang sangat jauh. Tapi kita tidak akan sampai di ujung jalan bila tidak memulainya dengan sebuah langkah kecil.

Kalian bisa terus berteriak Anti Persija di Bandung, atau berteriak Anti Persib di Jakarta. Tapi satu hal yang harus kalian sadar, di Bandung juga ada teman kalian yang mencintai Persija. Juga sebaliknya, di Jakarta banyak sahabat kalian yang sangat menggilai Persib.

Bayangkan perasaan sahabat-sahabat kalian yang harus mengadu nasibnya di kota yang menjadi rumah team yang kalian benci. Mereka ingin hidup tenang, mereka setiap hari selalu memimpikan bisa pergi ke kampus / kantor dengan memakai Jersey team kesayangan tanpa takut adanya intimidasi dari pihak supporter lawan.

Gue udah bosen setiap nonton Persija di GBK pasti ada aja cerita The Jak yang dihadang dan harus bentrok sama “oknum” supporter lain di perjalanan ke GBK. Gue aja yang denger bosen! Apalagi mereka yang harus ngalamin langsung!!!??

Seperti gue jelasin di awal, tulisan ini bukan untuk mencari siapa yang salah dan siapa yang benar. Bukan mencari siapa yang membenci siapa. Gue cuma pengen mengetuk hati nurani kalian, bukan hanya antara The Jakmania & Viking. Tapi untuk semua yang lebih mencintai kebencian di dalam Sepakbola. Khususnya di Indonesia.

Mimpi gue, suatu saat gue pengen bisa dengan tenang pake Jersey berlogo monas (Persija) di Bandung. Gue pengen dengan tenang teriak ngedukung Persija di Stadion Siliwangi.
Dan gue yakin, gue cuma satu diantara ribuan orang yang punya mimpi serupa. (@rawkvicky/JO)

Untuk Cinta, untuk Indonesia..
Demi Persija.. Please..
STOP FOOTBALL VIOLENCE !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar