Kamis, 13 November 2014

Monumen Gunung Lengis " Monumen Perjuangan Arek - Arek Gresik "


GERAKAN RESIK-RESIK YANG DILAKUKAN KOMUNITAS GRESIK SUMPEK on facebook SUDAH DIPASTIKAN TIDAK ADA LAGI KARENA MONUMEN PERJUANGAN GUNUNG LENGIS MEMANG SUDAH RESIK...HANYA TINGGAL KENANGAN
Reverensi Sejarah Monumen :

Monumen Gunung Lengis " Monumen Perjuangan Arek - Arek Gresik "

Berdirinya :
Monumen Gunung Lengis terletak di lereng Gunung Lengis yang secara administratif masuk dalam wilayah Desa Segoromadu, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Propinsi Jawa Timur. Monumen ini diresmikan pada tanggal 1 Oktober 1975.Hasil Karya Achmad Anwar Pemahat Kelahiran Gresik dengan Tinggi bangunan sekitar 7 meter. Bagian pondasi berbentuk segi lima dengan ukuran sisi 4 meter. Di bagian atasnya terdapat patung seorang pejuang yang menancapkan sang saka merah putih.

Sebab :
pada tanggal 8 Desember tahun 1945 terjadi pertempuran yang hebat di Gunung Lengis antara arek-arek Gresik melawan Sekutu. Pertempuran ini masih terkait dengan pertempuran 10 November di Surabaya. Pertempuran ini pula yang berdampak pada jebolnya pertahanan terkuat di Jawa Timur, yaitu Gresik.

Hikmah :
Heroisme warga Gresik di Gunung Lengis perlu sekali diwariskan pada generasi muda masa kini Gresik

Adapun deskripsi setiap sisi pondasi dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Sisi pertama tertulis kata-kata mutiara berbunyi “"MONUMEN PERJUANGAN '45" Kupersembahkan padamu...Pahlawan... Sebagai kenangan abadi serta ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya atas
Segala jasa-jasamu pada Bangsa dan Negara , Gresik 1 Oktober 1975”

Monumen Perjuangan Gunung Lengis dindingnya terdiri dari lima sisi.

2. Sisi kedua menunjukkan peristiwa pertempuran sengit yang terjadi pada tanggal 8 Desember 1945. Tentara Inggris menerobos ke Kota Gresik dengan tiga kekuatan, yaitu Darat, Laut, dan Udara. Korban kedua belah pihak berjatuhan.

3. Sisi ketiga menunjukkan pasukan dari pejuang TKR berada di garis pertahanan paling depan dengan menggunakan berbagai jenis senjata.

4. Sisi keempat menunjukkan pesawat terbang jenis Mosquito Inggris yang dapat ditembak jatuh oleh para pejuang TKR di Gresik.

5. Sisi kelima menunjukkan partisipasi rakyat yang penuh semangat dan spontanitas memberikan sumbangan apa saja pada para pejuang yang berada di garis depan.

Makna dari bangunan Monumen Gunung Lengis dapat dipahami dengan memakai arti dari bentuk bangunan. Pondasi bangunan yang berbentuk segi lima melambangkan kelima sila pancasila yang menjadi dasar falsafah hidup negara Republik Indonesia. Berdasarkan hal tersebut dapat diartikan bahwa perjuangan yang terungkap dalam peristiwa palagan Gunung Lengis dilandasi oleh nilai-nilai luhur yang dikristalisasi dalam kelima sila pancasila. Bagian puncak berupa patung pejuang yang gagah berani sedang menancapkan bendera merah putih melambangkan jiwa semangat pejuang yang senantiasa berkorban dan mengabdi kepada nusa, bangsa, dan negara menuju tercapainya cita-cita luhur bangsa Indonesia yaitu dapat dipertahankannya kemerdekaan dan tercapainya masyarakat yang adil dan makmur.

Namun sayang sekali, monumen yang seharusnya menjadi inspirasi bagi anak-anak bangsa dalam membangun daerahnya ini sekarang tidak ada lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar