Kamis, 13 November 2014

PERSIJA JAKARTA VS GRESIK UNITED 13 Maret 2012


Pertandingan antara Persija Jakarta yang akan menjamu Gresik United (Persegres), Selasa sore ini, 13 Maret 2012 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta, merupakan partai penutup laga “home” Persija di putaran 1 musim ini di ISL 2011-12. Semalam, 2 orang rekan dari Ultras Gresik (Supporter Gresik United – Persegres) yang telah tiba di Jakarta bertemu dengan saya dan rekan-rekan JC lainnya di sebuah warung angkringan sederhana untuk sekedar bersilaturahmi dan berbincang-bincang seputar aktifitas masing-masing dalam mendukung tim kebanggaan.
Pagi harinya kota Jakarta dilanda hujan deras, sehingga langsung saja memunculkan komentar “klenik” kembali melalui mention yang masuk ke Twitter @OrenBarat  seperti di beberapa partai “home” Persija di SUGBK belakangan ini.. :D (Bacaan Ref. Klik : “Partai Klenik” Persija Jakarta vs Persiba Balikpapan). Beruntung hujan hanya mengguyur kota Jakarta di pagi harinya saja, walaupun tetap berawan dan hujan rintik-rintik di siang harinya, secara umum cuaca Jakarta hari ini cukup bersahabat. Saya Tiba di SUGBK sekitar pukul 14.30 WIB, tak lama, datang rombongan bus dari kawan-kawan Ultras Gresik dalam kondisi pecah kaca, kabarnya bus mendapat “serangan” di daerah Bekasi, Jawa Barat.. Turut prihatin dan bersimpati..
Sore menjelang kick off, sempat turun hujan rintik-rintik, namun sebentar kemudian tampak cuaca mulai benar-benar bersahabat..  Setelah berkoordinasi dengan beberapa rekan Jak Online (JO) untuk peliputan, sekitar 15 menit menjelang kick off, saya bersama rekan Firas telah standby didalam stadion, sebelum bergerak ke dalam stadion, masih di area Hall Basket, rekan Firas memberikan cinderamata berupa T-Shirt bertuliskan “Istambul” yang dibelinya saat beberapa hari yang lalu melakukan perjalanan ke Turkey.. Matur Suwun Ras.. :D Sementara rekan JO lainnya, Reza & Saif berniat menemani 3 warga negara Jerman yang ingin juga menyaksikan pertandingan ini dan kabarnya mereka juga merupakan fans dari klub Inggris, Tottenham Hotspur..
Setelah “Coin Toss” dilakukan, pertandingan dimulai dengan posisi tim Persija Jakarta di babak pertama berada di sisi utara, sementara tim tamu, Gresik United (Persegres) menempati sisi selatan. Seperti di beberapa pertandingan kandang Persija belakangan ini, supporter Persija belum hadir sepenuhnya saat “Kick Off” babak pertama dimulai, beberapa tribun yang biasanya dipadati oleh supporter Persija juga masih tampak kosong, mungkin ini menjadi masukan juga buat kita bersama, akan sangat baik juga apabila ketika tim Persija masuk ke lapangan sebelum bertanding, tribun sudah dipenuhi oleh para fans untuk mengangkat moril para pemain, karena bukankah ini salah satu keuntungan sebuah tim saat bermain di kandangnya sendiri, mendapat dukungan penuh dari para supporternya dari menit-menit awal.. :) baru beberapa menit berselang setelah pertandingan berlangsung, tribun mulai perlahan-lahan dipenuhi oleh para supporter..
Pertandingan ini sebenarnya sangat menarik, tidak hanya pertandingan di lapangannya, tetapi juga ada beberapa hal menarik lainnya yang saya jumpai di pertandingan ini, sebut saja seorang Jupe (Julia Perez) yang akhirnya tiba-tiba hadir di SUGBK menyaksikan pertandingan ini.. :D Sehari sebelumnya, di media Twitter telah ramai membahas tentang hubungan Jupe dengan Gaston Castanyo (Striker Gresik Utd) yang digosipkan putus, padahal pokok bahasan awalnya akan membahas pertandingan Persija vs Gresik Utd.. :D hingga pada akhirnya seorang Jupe sempat “galau” mengenai warna baju yang akan dipakai jika hadir di SUGBK nantinya, pilihannya antara warna oranye (Persija) ataukah kuning (Gresik Utd), bahkan sempat berujar untuk mengurungkan niatnya untuk hadir ke SUGBK..:D belakangan Jupe pada akhirnya menggunakan T-Shirt berwarna putih dengan tulisan “My Deepest Condolences Goes To My Love”.. :D
Selain itu, nampak juga Gubernur Sumatera Selatan, Bp. Alex Noerdin dibangku VVIP dengan mengenakan scarf Persija dan juga Manager Sriwijaya FC, Hendri Zainudin yang bahkan mengenakan jersey Persija.. :D   Kehadiran Alex Noerdin di SUGBK yang juga ditemani oleh Bp. Sutiyoso, tentunya disinyalir berkaitan dengan pencalonannya menjadi “DKI 1″ yang kabarnya berjanji akan membangun stadion baru bagi Persija jika terpilih menjadi Gubernur DKI nantinya.. :Ddipertandingan Persija sebelumnya, Gubernur DKI Fauzi Wibowo (Foke) juga (Tumben) hadir di SUGBK untuk memberikan dukungan kepada tim Persija Jakarta.. :D Yups.. Pastinya ini tidak jauh berkaitan dengan “Suara” puluhan ribu The Jakmania & Supporter Persija.. !!
Saya sendiri, cukup menikmati pertandingan hari ini, selain ini adalah partai penutup laga “Home” Persija di putaran 1 ISL 2011-12, kehadiran kawan-kawan dari kelompok Ultras Gresik di tribun sektor 21 SUGBK yang hadir jauh-jauh dari kota Gresik, Jawa Timur juga dirasa cukup atraktif dengan pemasangan beberapa “Giant Flag” serta banner-banner mereka bernuansa kuning sebagai ciri khas kostum tim Gresik United (Persegres). Sementara di kubu supporter Persija, tampak belasan “GF” dari kawan-kawan JaKantor Community (JC) di tribun sektor 3 turut memeriahkan atmosfir pertandingan hari ini, di tribun sektor 6 dan 13 tampak juga beberapa GF dikibarkan oleh kawan-kawan Orange Street Boys (OSB) dan Jakampus, sementara di tribun atraksi, seperti biasanya, menjadi motor bagi gemuruhnya SUGBK..
Dari semuanya itu, yang paling menarik adalah ketika seluruh pendukung Persija dibuat “sesak nafas” ketika pertandingan telah memasuki masa injury time.. walaupun menguasai pertandingan dari menit-menit awal, namun gol yang ditunggu-tunggu tak kunjung tiba, namun teriakan dan gemuruh puluhan ribu supporter Persija dari berbagai sektor yang terus memberikan motivasi dan semangat bagi tim Persija pada akhirnya berbuah manis, setelah sebelumnya sempat disesakkan oleh gol BP yang dianulir oleh wasit karena dianggap off side, seorang Rudi Setiawan dengan tiba-tiba menghampiri gawang Gresik United dan menggoyang-goyang jaring gawang berharap gol segera tiba dimenit-menit akhir ini..
Entah kebetulan atau tidak, disaat mungkin hampir semua yang ada distadion telah “pasrah” memprediksi pertandingan akan berakhir dengan imbang 0-0, adalah seorang Pedro Javier yang ngotot menggiring bola dari sektor kanan pertahan Gresik United serta menciptakan gol cantik di menit ke-89 yang sontak disambut dengan emosional oleh gemuruh puluhan ribu Jakmania yang ada didalam stadion, 1-0 untuk Persija Jakarta.. !!
Cukup ? ternyata belum, hanya 2 menit berselang, melalui serangan balik yang cepat, sang kapten Bambang Pamungkas pada akhirnya dapat menciptakan kembali golnya di menit ke-91, sekaligus mengunci poin 3 bagi Persija di menit-menit akhir pertandingan ini, tak lama kemudian, Pertandinganpun usai.. “Amazing”.. Inilah Sebuah Drama di Sepakbola.. !! Segalanya memang sangat mungkin terjadi sebelum peluit panjang berbunyi..
Pasca pertandingan usai, saya bersama para Crew Jak Online (JO) bergerak menuju Hall Basket untuk bertemu rekan-rekan JO lainnya disana dan juga sudah menunggu disana 2 orang rekan dari Ultras Gresik yang sudah bersama rekan JC Shontonk serta 3 orang warga Jerman yang tadi ditemani oleh Reza dan Saif di dalam stadion. Setelah berfoto bersama, merekapun pamit, C U Guys.. Selamat Jalan juga untuk kawan-kawan dari Ultras Gresik.. Semoga di Leg ke-2 nanti kita dapat berjumpa kembali di kota Gresik..
**Special Thanks To Firas-JakOnline Untuk Kontribusi 2 Fotonya.. 

http://orenbarat.wordpress.com/2012/03/13/poin-3-di-menit-menit-akhir/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar